Sistem Klasifikasi Tipe Kepribadian dan Penerimaan Teman Sebaya Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation

Yusuf Dwi Santoso, Suhartono Suhartono

DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v3i1.3865

Abstract

Kepribadian merupakan gambaran tingkah laku dari individu. Penerimaan teman sebaya merupakan penilaian individu bahwa dirinya diterima, didengar, diperhatikan, dihargai, serta dapat merasa aman dan nyaman saat bersama dengan teman-teman dengan umur yang sama. Kepribadian dan penerimaan teman sebaya penting untuk diketahui agar dapat mengenal potensi diri. Tes kepribadian merupakan salah satu sarana untuk mengetahui dan mengklasifikasikan kepribadian seseorang ke tipe kepribadian tertentu. Jaringan syaraf tiruan Backpropagation dapat digunakan untuk melakukan klasifikasi sebuah pola berdasarkan permasalahan tertentu seperti halnya dalam mengklasifikasi tipe kepribadian dan penerimaan teman sebaya seseorang. Sistem klasifikasi tipe kepribadian dan penerimaan teman sebaya menggunakan jaringan syaraf tiruan Backpropagation dapat digunakan untuk mengklasifikasi tipe kepribadian dan penerimaan teman sebaya seseorang ke dalam beberapa tipe yaitu introvert diterima, introvert ditolak, ekstrovert diterima dan ekstrovert ditolak berdasarkan sejumlah set pertanyaan yang menjadi alat ukur dalam penentuan kepribadian. Sistem klasifikasi tipe kepribadian dan penerimaan teman sebaya menggunakan jaringan syaraf tiruan Backpropagation menghasilkan arsitektur Backpropagation terbaik untuk klasifikasi kepribadian dan penerimaan teman sebaya pada saat menggunakan 1 hidden layer dengan 7 neuron, 10000 epoch, nilai target error 0.01 dan laju pembelajaran 0.1. Hasil eksperimen jaringan syaraf tiruan Backpropagation pada sistem ini menghasilkan rata-rata tingkat akurasi 98.75% dan tingkat error 1.25%.

References

I. Puhar, “Penerimaan Teman Sebaya Pada Remaja Panti Asuhan Ditinjau Dari Kematangan Sosial,” Skripsi, Unika Soegijapranata, p. 63, 2007.

R. Sinthia, “Hubungan antara penerimaan sosial kelompok kelas dengan kepercayaan diri pada siswa kelas I SLTP XXX Jakarta,” TRIADIK, vol. 14, no. 1, p. 42, 2011.

Suryabrata, Psikologi Kepribadian, Jakarta: Rajawali Pers, 2005.

F. Littauer, Personality Plus, Tangerang: Karisma Publishing Group, 2011.

S. Lukas, A. Ariwibowo dan R. Wardhani, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Kepribadian Berdasarkan Teori Kepribadian Florence Littauer,” Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, p. 129, 2004.

A. M. Pratiwi dan P. S. Sasongko, “SISTEM KLASIFIKASI KEPRIBADIAN MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN,” Journal of Informatcs and Technology, p. 8, 2015.

W. Widodo, A. Rachman dan R. Amelia, “Jaringan Syaraf Tiruan Prediksi Penyakit Demam Berdarah dengan Menggunakan Metode Backpropagation,” Jurnal IPTEK, vol. 18, no.1, 2014.

A. T. Susanto, “Aplikasi Diagnosa Kanker Serviks dengan Menggunakan Algoritma Backpropagation,” Skripsi, 2012.

J. Siang, Jaringan Syaraf Tiruan dan Pemrograman Menggunakan Matlab, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005.

Article Metrics

Abstract view(s): 658 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 280 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.