Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode AHP untuk Penilaian Kompetensi Soft Skill Karyawan

Rusydi Umar(1*), Abdul Fadlil(2), Yuminah Yuminah(3),

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(3) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v4i1.5978

Abstract

Karyawan dalam perusahaan merupakan sumber daya utama yang dituntut untuk mampu memberikan pelayanan terbaik dan kinerja yang optimal. Soft skill karyawan adalah keterampilan individu karyawan yang dapat menunjang hubungan individu karyawan dengan karyawan lain, meningkatkan kinerja dan membuka prospek karirnya. Penilaian kinerja karyawan yang dilaksanakan oleh perusahaan umumnya hanya untuk penilaian prestasi kerja yakni bagaimana pekerjaan dapat dikerjakan dengan baik, mencapai target yang ditetapkan dan meraih tujuan akhir yang diinginkan (hard skill). Penilaian terkait kemampuan soft skill karyawan belum banyak dilakukan. Ada beberapa kriteria yang diterapkan beberapa perusahaan dalam melakukan penilaian kompetensi soft skill, tetapi kriterianya masih berbeda-beda. Penelitian ini membahas penilaian kompetensi soft skill karyawan dengan menerapkan empat kriteria. Keempat kriteria ini adalah kemampuan komunikasi, kemampuan bekerjasama, kejujuran dan kemampuan interpersonal. Analisis data menerapkan metode Analytical Hierarchical Process (AHP), yang memungkinkan perhitungan matematis dengan berbagai kriteria. Hasil penelitian menunjukan nilai rasio konsistensi 0.053 yang berarti kurang dari nilai rasio konsistensi yang digunakan dalam metode AHP yaitu 0.1, sehingga hasil perhitungan tersebut valid, dan dapat digunakan. Penelitian ini menghasilkan penilaian prioritas kompetensi soft skill yang dibutuhkan perusahaan sebagai berikut: Komunikasi 48%, Kerjasama 27%, Kejujuran 16 % dan interpersonal 10%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode AHP dapat digunakan pada penilaian kompetensi soft skill karyawan.

Keywords

AHP, Sistem Pendukung Keputusan, Penilaian, Soft Skill.

References

A. Rilman and A. Djamaris, “Analisis Faktor Kompetensi Soft Skills Mahasiswa Yang Dibutuhkan Dunia Kerja Berdasarkan Persepsi Manajer Dan Hrd Perusahaan,” J. Manaj., vol. 17, no. 2, pp. 160–174, 2013.

A. Abdul Chamid and B. Surarso, “Implementasi Metode AHP dan Promethee Untuk Pemilihan Supplier,” J. Sist. Inf. Bisnis Mei, vol. 2, pp. 13–2015, 2015.

N. Komalasari, “Sistem Pendukung Keputusan Kelaikan Terbang (SPK2T),” J. Ind. Elektro dan Penerbangan, vol. 4, no. 1, 2018.

N. Palasara, “Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process,” vol. 4, no. 1, pp. 31–46, 2017.

E. N. Sejati Purnomo, S. Widya Sihwi, and R. Anggrainingsih, “Analisis Perbandingan Menggunakan Metode AHP, TOPSIS, dan AHP-TOPSIS dalam Studi Kasus Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Program Akselerasi,” J. Teknol. Inf. ITSmart, vol. 2, no. 1, p. 16, 2016.

S. D. H. Permana, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Komputer Dan Jaringan Yang Terfavorit Dengan Menggunakan Multi-Criteria Decision Making,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 11–19, 2015.

S. Utaminingsih, “Pengembangan Soft Skill Berbasis Karir pada SMK di Kota Semarang,” Din. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 119–133, 2016.

R. Menggunakan, M. Confussion, S. Prodi, T. Elektro, F. Teknik, and U. T. Madura, “Simposium Nasisonal Teknologi Terapan (SNTT) 5 2017 ISSN:2339-028X,” pp. 267–271, 2017.

H. Supriyono, “Pemilihan Rumah Tinggal Menggunakan Metode Weighted Product,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 23–28, 2015.

E. Lestari and E. U. Artha, “Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer untuk Diagnosis Gangguan Layanan INDIHOME di PT TELKOM Magelang,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 16–24, 2017.

O. J. F. Wassalam, R. Umar, and A. Yudhana, “Implementasi Dan Pengembangan Sistem E-Learning Berbasis Web Pada Stimik Muhammadiyah Paguyangan,” in Proceeding SENDI, 2017, pp. 104–107.

M. U. Manara, “Hard Skills dan Soft Skills pada Bagian Sumber Daya Manusia di Organisasi Industri,” J. Psikol. Tabularasa, vol. 9, no. 1, pp. 37–47, 2014.

A. Rokhayati, R. Kambara, and M. Ibrahim, “PENGARUH SOFT SKILL DAN PERENCANAAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KUALITAS PELATIHAN SEBAGAI VARIABEL MODERTOR (Studi empiris pada PT. Krakatau Tirta Industri Cilegon),” J. Ris. Bisnis dan Manaj. Tirtayasa, vol. 1, no. 2, 2017.

A. Nugroho and S. Hartati, “Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Ahp (Analytical Hierarchy Process) Untuk Penentuan Kesesuaian Penggunaan Lahan (Studi Kasus : Kabupaten Semarang),” Sist. Pendukung Keputusan Berbas. Ahp (Analytical Hierarchy Process. Untuk Penentuan Kesesuaian Pengguna. Lahan (Studi, vol. 9, no. 2, pp. 1–14, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian. Bandung: CV Alvabeta, 2000.

Article Metrics

Abstract view(s): 27141 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 14355 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.