Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD

Rizal Rachman, Amirul Mukminin

DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v4i2.6828

Abstract

Perkembangan adalah proses kedewasaan seseorang untuk mengembangkan kemampuan intelektualnya. Perkembangan usia 6–12 tahun adalah masa di mana anak memasuki tahap belajar di dalam sekolah dan di luar sekolah. Penentuan minat dan bakat perlu dilakukan untuk dapat mengetahui suatu keterampilan pada peserta didik, baik dalam segi akademis maupun kepribadian. Selain itu juga dilakukan pendampingan dan pengembangan keterampilan sesuai bakat yang ada pada peserta didik. Untuk mengetahui bakat dan minat pada peserta didik sekolah dasar dengan salah satu cara alternatif yaitu dibuat aplikasi sistem pakar penentuan minat dan bakat pada siswa sekolah dasar berbasis web, dengan adanya aplikasi sistem pakar tersebut, dapat membantu mengetahui bakat dan minat yang dimiliki pada peserta didik sekolah dasar. Dalam merancang sistem pakar ini menggunakan sebuah metode yaitu Certainty Factor atau faktor kepastian, merupakan suatu metode untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti ataukah tidak pasti yang berbentuk metric yang biasanya digunakan dalam sistem pakar. Informasi yang dihasilkan yaitu dapat menentukan jenis minat dan bakat berdasarkan ciri-ciri dan metode certainty factor juga dapat dijadikan alternatif dalam melakukan perhitungan terhadap penentuan minat dan bakat. Hasil uji konsultasi yang didapat dengan sistem ini menerangkan bahwa sistem mampu menentukan jenis kecerdasan minat dan bakat pada siswa sekolah dasar beserta informasi tentang jenis, berdasarkan ciri-ciri yang sebelumnya dipilih oleh pengguna dan informasi tentang stimulasi jenis minat dan bakat.

Keywords

sistem pakar; kecerdasan; minat dan bakat; certainty factor

References

J. Nurihsan and M. Agustin, Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Refika Aditama, 2013.

Kemdikbud, “Pengembangan Bakat dan Minat,” Jakarta, p. 7, 2016.

W. Yulianti, “Aptitude Testing Berbasis Case-Based Reasoning dalam Sistem Pakar untuk Menentukan Minat Dan Bakat Siswa Sekolah Dasar,” J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 1, no. 2, pp. 104–118, 2016.

F. N. Salisah, L. Lidya, and S. Defit, “Sistem Pakar Penentuan Bakat Anak dengan Menggunakan Metode Forward Chaining,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 62–66, 2015.

A. F. Indriani, E. Y. Rachmawati, and J. D. Fitriana, “Pemanfaatan Metode Certainty Factor dalam Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Anak,” Techno.Com, vol. 17, no. 1, pp. 12–22, 2018.

T. A. Cikraeni and Ruliah, “Penerapan Metode Certainty Factor untuk Keputusan Pemilihan Jurusan di SMA,” Progressif, vol. 9, no. 1, 2015.

F. Wulandari and I. Yuliandri, “Diagnosa Gangguan Gizi Menggunakan Metode Certainty Factor,” J. Sains dan Teknol. Ind., vol. 11, no. 2, pp. 305–313, 2014.

I. P. B. Krisnawan, I. K. G. D. Putra, and I. P. A. Bayupati, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit dan Kelamin,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), 2014.

L. Septiana, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ispa dengan Metode Certainty Factor Berbasis Android,” J. Techno Nusa Mandiri, vol. 13, no. 2, pp. 1–7, 2016.

J. Rahmah and R. A. Saputra, “Penerapan Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Saluran Pencernaan Ayam Broiler,” J. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 94–102, 2017.

A. Supiandi and D. B. Chandradimuka, “Sistem Pakar Diagnosa Depresi Mahasiswa Akhir Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Mobile,” J. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 102–111, 2018.

S. Kusumadewi, Artificial Intelegence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

M. Arhami, Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi Offset, 2008.

N. A. Putri, “Sistem Pakar untuk Mengidentifikasi Kepribadian Siswa Menggunakan Metode Certainty Factor dalam Mendukung Pendekatan Guru,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 78–90, 2018.

D. Robiyono, B. Harijanto, and R. Rismanto, “Pengembangan Aplikasi Bimbingan dan Konseling (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Bangil),” Semin. Inform., 2016.

Y. aditya Pratama and E. Junianto, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal dan Saluran Kemih dengan Metode Breadth First Search,” J. Inform., vol. 2, no. 1, 2016.

E. Lestari and E. U. Artha, “Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer untuk Diagnosis Gangguan Layanan Indihome di PT Telkom Magelang,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 16–24, 2017.

Article Metrics

Abstract view(s): 670 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 182 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.