Implementasi Metode PERT dan CPM pada Sistem Informasi Manajemen Proyek Pembangunan Kapal

Abdurrasyid Abdurrasyid, Luqman Luqman, Abdul Haris, Indrianto Indrianto

DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v5i1.7066

Abstract

Ketepatan waktu, biaya, dan kualitas adalah hal yang menjadi perhatian dalam perencanaan proyek yang tertuang dalam penjadwalan proyek. Dalam pengerjaan proyek muncul beberapa masalah dalam perencanaan dan pengendalian proyek, yaitu sulitnya dipetakan jalur kritis dari suatu kegiatan. Pada PT. Bandar Abadi keterlambatan proyek sering terjadi akibat tertundanya penyelesaian kegiatan-kegiatan kritis dan berimbas pada biaya proyek semakin besar. Pada penelitian ini digunakan metode Critical Path Method (CPM) dan Project Evaluation Review Technic (PERT) yang digunakan membantu project manager dalam merencanakan dan mengendalikan proyek, di mana metode ini dapat membantu project manager dalam menentukan kegiatan kritis dan mengetahui estimasi waktu penyelesaian pada sebuah proyek. Hasil akhir yang didapatkan dalam penelitian ini adalah didapatkannya jalur kritis untuk pembangunan kapal dilengkapi dengan sistem informasi berbasis web yang dapat digunakan project manager untuk mengelola proyek pembangunan kapal dengan menggunakan metode PERT dan CPM, dapat membantu dalam mengelola proyek pembangunan kapal di PT. Bandar Abadi, menurunkan risiko keterlambatan proyek, dan mencegah munculnya biaya proyek akibat keterlambatan.

Keywords

penjadwalan; jalur kritis; PERT & CPM; estimasi, manajemen proyek

References

I. Dipohusodo, Manajemen Proyek dan Konstruksi, 2nd ed. Yogyakarta: Kanisius Yogyakarta, 1996.

R. HA, Aplikasi TI dalam Manajemen Konstruksi, 1st ed. Sleman: deepublish, 2014.

R. Kurniawan, “Studi Keterlambatan Proyek Pembangunan Kapal Kargo dengan Metode Bow Tie Analysis,” Sepuluh Nopember Institute of Technology, 2015.

D. Taurusyanti and M. F. Lesmana, “Optimalisasi Penjadwalan Proyek Jembatan Girder Guna Mencapai Efektivitas Penyelesaian dengan Metode PERT dan CPM Pada Pt Buana Masa Metalindo,” J. Ilm. Manaj. Fak. Ekon., vol. 1, no. 1, pp. 32–36, 2015.

E. Wiratmani and G. Prawitasari, “Penerapan Metode Jalur Kritis dalam Penyusunan Jadwal Pelaksanaan Proyek Pembangunan Fasilitas Rumah Karyawan,” Factor Exacta, vol. 6, no. 3, pp. 210–217, 2013.

L. Krajewski, L. P. Ritzman, and M. K. Malhotra, Operation Management. New Jersey: Pearson, 2010.

Sugiyarto, S. Qomariyah, and F. Hamzah, “Analisis Network Planning dengan CPM (Critical Path Method),” MATRIKS Tek. Sipil, vol. 1, no. 4, pp. 408–416, 2013.

E. Dannyanti, “Optimalisasi Pelaksanaan Proyek dengan Metode PERT dan CPM (Studi Kasus Twin Tower Building Pascasarjana Undip),” Universitas Diponegoro, 2010.

A. Göksu and S. Ćatović, “Implementation of Critical Path Method and Project Evaluation and Review Technique,” 3rd Int. Symp. Sustain. Dev., pp. 205–212, 2012.

W. Agyei, “Project Planning and Scheduling Using PERT and CPM Techniques with Linear Programming: Case Study,” Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 4, no. 8, pp. 222–227, 2015.

S. Chatwal, “Application of Project Scheduling in a Bottling Unit Startup Using PERT and CPM Techniques,” Int. J. Adv. Res. Eng. Appl. Sci., vol. 3, no. 6, pp. 1–9, 2014.

H. Siahaan, Manajemen Risiko pada Perusahaan dan Birokrasi, 2nd ed. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2009.

E. Herjanto, Manajemen Operasi, 3rd ed. Jakarta: Grasindo, 2008.

E. Irwansyah, Sistem Informasi Geografis : Prinsip Dasar dan Pengembangan Aplikasi, 1st ed. Yogyakarta: Digibooks, 2013.

H. Zaharuddin, Menggali Potensi Wirausaha, 2nd ed. Bekasi: CV Dian Anugrah Prakasa, 2006.

Article Metrics

Abstract view(s): 165 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 37 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.