Pengembangan MedPAK: Media Pembelajaran Pendidikan Antikorupsi Berbasis Multimedia

Yani Prihati, Sinta Tridian Galih, Tri Karyanti

DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v5i1.7172

Abstract

Data menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun Indeks Persepsi Korupsi Indonesia terus meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa komitmen pemerintah yang direalisasikan melalui berbagai upaya dalam menangani masalah korupsi telah berada di jalur yang tepat walaupun belum optimal. Korupsi masih menjadi masalah yang serius di Indonesia karena masih dapat dilakukan oleh siapa saja, terjadi di berbagai tempat, dan dalam berbagai jenis perkara dengan jumlah yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 Pasal 13 menyebutkan bahwa salah satu upaya pencegahan yang dapat dilaksanakan oleh KPK adalah menyelenggarakan program pendidikan antikorupsi pada setiap jenjang pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa dunia pendidikan penting dilibatkan dalam upaya pemberantasan korupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pendidikan Antikorupsi berbasis multimedia untuk tingkat perguruan tinggi yang disebut MedPAK. MedPAK dikembangkan dengan mengadopsi metode Research and Development. Hasil penilaian materi pada MedPAK menunjukkan rata-rata persentase 88% sedangkan hasil penilaian media adalah sebesar 84% di mana keduanya termasuk kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa MedPAK layak untuk digunakan.

Keywords

media pembelajaran anti korupsi, MedPAK, multimedia

References

F. Hidayat, “Fakta: Indeks Korupsi Indonesia Terus Membaik,” Kompasiana, 2014. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com. [Accessed: 10-Nov-2018].

Komisi Pemberantasan Korupsi, “Statistik Tindak pidana korupsi,” Komisi Pemeberantasan Korupsi, 2018. [Online]. Available: htttps://aceh.kpk.go.id.

Kementrian Keuangan Republik Indonesia, “Jaringan Data dan Informasi Hukum,” Kementrian Keuangan Republik Indonesia, 2018. [Online]. Available: https://jdib.kemenkeu.go.id.

Y. Kadir, “Kebijakan Pendidikan Anti Korupsi Di Perguruan Tinggi,” Gorontalo Law Rev., vol. 1, no. 1, 2018.

F. Hasan, Pendidikan Adalah Pembudayaan: Dalam Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Kompas, 2004.

I. Suryani, “Penamaan Nilai-Nilai Anti Korupsi Di Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Preventif pencegahan Korupsi,” J. Visi Komun., vol. 14, no. 02, 2015.

L. Bimantoro, “Visualisasi Rasi Bintang Berbasis Multimedia,” Universitas Negeri Syarif Hidayatullah, 2011.

Y. Pariyatin, “Perancangan Media PembelajarannInteraktif Pendidikan Pancasila Berbasis Multimedia (Studi Kasus Mahasiswa Semester I STT-Garut),” J. Algoritm., vol. 12, no. No. 1, 2015.

G. P. A. Oka, Media dan Multimedia Pembelajaran. Dee Publish, 2017.

A. Efendi, Anwar, S. Sumarni, A. Efendi, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah mekanika Tanah,” J. Pendidik. Tek. Bangunan, vol. 1, no. 1, 2015.

M. Rasyid, A.A. Azis, A.R. Saleh, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas XI SMA,” J. Pendidik. Biol., vol. 7, no. 2, 2016.

Tim Penulis Buku Pendidikan Anti Korupsi, Pendidikan Anti Korupsi Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Bagian Hukum Kepegawaian, 2011.

N.S. Junaedi, I. Susanti, Sumiyati, “Model Pembelajaran Pendidikan Antikorupsi Di Lingkungan Politeknik Negeri Bandung,” Sigma-Mu, vol. 6, no. 1, 2014.

M. Sariyono, K. Endro, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Kartografi Pada Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UNY,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 207–220, 2016.

E.R.. Hernawati, C. Ruhidawati, “Pengembangan Multimedia Video Pembelajaran Pengoperasian Mesin Jahit Industri,” Fesyen Perspekt., vol. 7, no. 2, 2016.

J. Kuswanto, Y. Walusfa, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII,” Innov. J. Curric. Educ. Technol. IJCET, vol. 6, no. 2, pp. 58–64, 2017.

Article Metrics

Abstract view(s): 137 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 18 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.