Aplikasi Musicroid sebagai Media Pembelajaran Seni Musik Berbasis Android

Adi Purwanto(1*), Ida Widaningrum(2), Khoiru Nur Fitri(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(2) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(3) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v5i1.7772

Abstract

Musik merupakan salah satu cabang seni yang telah lama ada di dunia. Musik membuat hidup ini semakin berwarna, kemanapun dan dimanapun tanpa kita sadari berdampingan dengan musik.­ Penelitian ini tentang media pembelajaran yang menarik untuk pembelajaran seni musik, terutama guitar dan piano untuk membantu siswa yang kesulitan memahami konsep chord dan cara memainkannya. Chord Theory perlu dipahami siswa karena menjadi dasar permainan alat musik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang meliputi 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan  Evaluation. Pengembangan media pembelajaran seni musik ini disebut “Musicroid”. Musicroid menggunakan sistem Android yang saat ini dikenal sebagai sistem operasi Open Source. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan software Android Studio yang didukung dengan pemrograman bahasa Java. Hasil yang diperoleh dari hasil uji validasi ahli materi dengan nilai 4,6 dan ahli media dengan nilai 4,3 termasuk kategori sangat layak. Uji kelayakan faktor usability memperoleh nilai 5,8, dikategorikan sangat layak sebagai media pembelajaran musik.

Keywords

Musicroid; Media Pembelajaran; ADDIE; Android Studio; Java

References

P. A. Sembodo, “Pemanfaatan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Seni Musik Di SMP Negeri 5: Analisis Proses Dan Hasil Belajar,” Semarang, 2015.

I. S. Nugraha, K. I. Satoto, and K. T. Martono, “Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Pembelajaran Pengenalan Alat Musik Piano,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 2, no. 1, pp. 62–70, 2019.

I. Rizkiansyah and T. Sukardiyono, “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Teknik Bermain Piano Berbasis Multimediadi Lembaga Kursus Musik ‘Ethnictro’ Yogyakarta,” Yogyakarta, 2013.

K. H. Sukarsih, Media Pembelajaran dan Jenis - Jenis Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.

S. B. Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia, 2002.

D. Suprianto and R. Agustina, Pemrograman Aplikasi Android. Yogyakarta: MediaKom, 2012.

N. Safaat H, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika, 2012.

W. R. Borg and M. D. Gall, Educational Research : An introduction. New York: Longman, 1983.

R. M. Branch, Instructional Design : The ADDIE Approach, 2010th Edi. Springer, 2009.

W. Purnomo and F. Subagyo, Terampil Bermusik. Solo: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

S. Creedy, “Chords for Piano and Guitar.”

M. Phillips and J. Chappell, Guitar For Dummies. Indianapolis: Wiley Pub, Inc, 2006.

M. Rogers and M. Norman, Guitar Method. JW Productions, 2006.

M. Kennedy and N. G. Academy, Guitar Chords For Beginners. National Guitar Academy.

M. Muttaqin and Kustap, Seni Musik Klasik, 2nd ed. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.

A. Sudijono, Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998.

S. Andrianita, “Pengembangan Dan Analisis Kualitas Aplikasi Panduan Shalat Jenazah Pada Handphone Berbasis Android,” Yogyakarta, 2015.

Article Metrics

Abstract view(s): 3080 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 2747 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.