Pendampingan Ibu Bekerja (Working Mom) Terhadap Penggunaan Youtube pada Anak

Fasiyah Noor(1*), Restu Ayu Mumpuni(2), Anita Amaliyah(3), Indah Laksmiwati(4)

(1) Universitas Diponegoro
(2) Universitas Diponegoro
(3) Universitas Diponegoro
(4) Universitas Diponegoro
(*) Corresponding Author

Abstract

Media sosial, terutama YouTube menjadi bagian utama dari kehidupan kita sehari-hari dan sebagian besar anak-anak di bawah umur (0-13 tahun). Di Indonesia, pengguna dibawah umur berada di peringkat kedua dan mereka menggunakannya secara teratur dengan perangkat orang tua, terutama para ibu. Bahaya untuk pengguna dibawah umur tanpa nasihat orang tua termasuk risiko terhadap: keselamatan pribadi, akses pada hal yang mengganggu, merugikan, konten tidak pantas, isolasi sosial, dan kurang tidur. Ini adalah risiko sebagai akibat dari pengawasan terbatas dari orang tua dan keluarga dewasa yang tidak cukup berpengalaman dalam prosedur keselamatan online.

Penelitian ini menjelaskan tentang peran ibu saat bekerja pada apakah mereka mengontrol penggunaan media sosial oleh anak-anak mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bagaimana ibu bekerja mengelola akses YouTube dan pola pendampingan anak-anak mereka yang masih dibawah umur di rumah terkait konten yang ditonton dan kebiasaan media mereka.

Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan jumlah 57 responden di Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu bekerja memiliki peran yang besar dan positif. Para ibu pekerja memberikan akses YouTube pada anak mereka dengan tujuan hiburan, belajar dan agar anak tidak rewel. Akses YouTube diberikan para ibu pada hanya pada saat didampingi ibu, hanya saat hari libur dan sebagian memberikan akses setiap hari namun disertai pengawasan. Para ibu bekerja melakukan pendampingan berupa : 1) menentukan atau memilihkan channel yang akan ditonton; 2) mengawasi anak ketika mengakses YouTube; 3) memberikan instruksi atau batasan konten YouTube yang akan ditonton; dan 4) melakukan diskusi mengenai konten yang telah ditonton.

References

Ayodele, A., Mosunmola, A., Senanu, K., & Aderonke, N. (2015). Social Networking and Students’ Academic Performance: the Role of Attention Deficit, Predictors of Behavior and Academic Competence. Retrieved from http://eprints.covenantuniversity.edu.ng/5336/1/Paper 72.pdf

Campbell, A. J. (2017). Rethinking Children’s Advertising Policies for the Digital Age. Retrieved from https://scholarship.law.georgetown.edu/facpub/1945https://ssrn.com/abstract=2911892

Claretta, D., & Arianto, I. D. (2018). Pendampingan Ibu pada Anak Dalam Pengggunaan Internet. Ilmu Komunikasi, 16, 129–137.

Digital 2019: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights. (2019). Retrieved January 23, 2020, from https://datareportal.com/reports/digital-2019-indonesia

Godawa, G., Gurba, E., Rzewucka, P., Tabor, M., & Gurba, K. (2019). the Use of Social Media and the Youth’S Experience of Gratitude. INTED2019 Proceedings, 1(April), 3433–3439. https://doi.org/10.21125/inted.2019.0890

Guan, S.-S. A., & Subrahmanyam, K. (2009). Youth Internet use: risks and opportunities. https://doi.org/10.1097/YCO.0b013e32832bd7e0

Helsper, E. J., Kalmus, V., Hasebrink, U., Sagvari, B., & De Haan, J. (2013). Young children and their internet use Zero to Eight. Retrieved from http://eprints.lse.ac.uk/id/eprint/42872

Indonesian Digital Mums Survey 2017 by theAsianparent - issuu. (n.d.). Retrieved January 23, 2020, from https://issuu.com/theasianparent/docs/tap_survey_report-110917

Irmayanti, Y. (2018). Peran Orangtua dalam Mendampingi Penggunaan Gawai pada Anak Usia Prasekolah.

Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2017). Theories of Human Communication. In Journal of Chemical Information and Modeling (Eleventh E, Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Livingstone, S. (2012). Critical reflections on the benefits of ICT in education. Oxford Review of Education, 38(1), 9–24. https://doi.org/10.1080/03054985.2011.577938

Livingstone, S., Kirwil, L., Ponte, C., & Staksrud, E. (2013). In their own words: What bothers children online? Retrieved from www.eukidsonline.net

Manning, J. (2014). Definition and Classes of Social Media. Encyclopedia of Social Media and Politics, (January). https://doi.org/10.4135/9781452244723.n485

Mas, P., Hanisshya, M. H., Lukman, Z., Normala, R., Azlini, C., & Kamal, M. (2018). Internet Addiction among Secondary School Students in. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS) |Volume, II, 2454–6186. Retrieved from www.rsisinternational.org

Miner, R. (2015). TV is Now the 2nd Screen for Kids - Digital Content Next. Retrieved January 23, 2020, from https://digitalcontentnext.org/blog/2015/07/14/tv-is-now-the-2nd-screen-for-kids/

Mulyono. (2016). FORUM GURU: Peran Pendidikan Keluarga di Era Digital - Tribun Jateng. Retrieved January 30, 2020, from https://jateng.tribunnews.com/2016/04/12/forum-guru-peran-pendidikan-keluarga-di-era-digital

Ofcom. (2019). Children and Parents Media Use and Attitudes.

Orphanides, K. . (2018). YouTube for Kids is still is still churning out blood, suicide and cannibalism | WIRED UK. Retrieved January 23, 2020, from https://www.wired.co.uk/article/youtube-for-kids-videos-problems-algorithm-recommend

Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 159–172. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.589

Putri, D., & Kusbaryanto. (2012). Perbedaan Hubungan antara Ibu Bekerja dan Ibu Rumah Tangga terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia 2-5 Tahun. Mutiara Medika, 12(3), 143–149. Retrieved from http://journal.umy.ac.id/index.php/mm/article/download/1032/1117

Rahmat, S. T. (2018). POLA ASUH YANG EFEKTIF UNTUK MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL. Retrieved from https://kbbi.web.id/orang-tua

Rossi, E. S. (n.d.). Uses & Gratification/Dependency Theory. Retrieved January 23, 2020, from http://zimmer.csufresno.edu/~johnca/spch100/7-4-uses.htm

Taylor, S. (2017). Smartphone Addiction May Cause Brain Imbalance | RSNA 2017. Retrieved January 23, 2020, from https://rsna2017.rsna.org/dailybulletin/index.cfm?pg=17fri08

Tur-Viñes, V., Núñez-Gómez, P., & González-Río, M. (2018). Kid influencers on YouTube. A space for responsibility. https://doi.org/10.4185/RLCS-2018-1303en

Article Metrics

Abstract view(s): 1653 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 1963 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.