Archives

2017

Volume 9 No 2, September 2017

Jurnal Komuniti edisi ini menghadirkan tema yang beragam meliputi public relation, dan literasi media, Komunikasi Multikultural, komunikasi organisasi dan kajian media massa. Area kajian-kajian tersebut tercermin dari beberapa judul artikel. Dalam bidang Public Relation, terdapat artikel berjudul: “Pengelolaan Media Sosial oleh Unit Corporate Communication PT. GMF Aeroasia”. Sedangkan pada kajian penerapan literasi media, terdapat artikel berjudul: “Model Literasi Media Berbasis Kearifan Lokal pada Masyarakat Kampung Dongkelan Kauman Daerah Istimewa Yogyakarta”. Dalam bidang komunikasi multikultural, terdapat artikel berjudul: “Geliat Suara Perempuan Muslim di Facebook”. Dalam bidang komunikasi organisasi, terdapat artikel berjudul: “Model Perilaku Komunikasi dalam Komunitas Hong dalam Melestarikan Permainan dan Mainan Sunda”. Sedangkan dalam hal kajian media massa, terdapat artikel berjudul: “Agama dan media: Diskursus LGBT dalam Opini SKH Republika”.

Volume 9, No 1, Maret 2017

Edisi kali ini, Jurnal Komuniti menghadirkan kajian dan hasil penelitian Ilmu Komunikasi yang fokus dalam bidang: komunikasi antar budaya, public relations, komunikasi organisasi,serta praktik ekonomi politik media massa.

Pembahasan tersebut terlihat dalam beberapa judul kajian, yakni: Barriers Hubungan Komunikasi Antar Budaya Warga Muslim dan Hindu Dalam Upacara Pujawali Dan Perang Topat Di Daerah Lingsar, Lombok Barat, Nusa Tenggara BaraT, . Pada kajian komunikasi antar pribadi, terdapat naskah yang  berjudul Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa.

Dalam aspek public relations, terdapat artikel dengan judul Peran Mediasi Citra Merek Dan Persepsi Risiko Pada Hubungan Antara Electronic Word Of Mouth (e-Wom) Dan Minat Beli serta Komunikasi Pemasaran Terpadu (Imc) Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Karanganyar.

Pada Kajian komunikasi organisasi diwakili oleh tulisan dengan judul Analisis Budaya Organisasi Pemerintah Daerah (Pemda) Di Era Otonomi Daerah. Bagian yang lain, kajian ekonomi politik media diwakili oleh tulisan Ekonomi Politik Media: Pada Pemberitaan Pemilukada Banten 2011


2016

Volume 8, No 2, September 2016

Edisi kali ini, Jurnal Komuniti menghadirkan kajian dan hasil penelitian Ilmu Komunikasi yang fokus dalam bidang: komunikasi pembangunan, public relations, komunikasi interpersonal, bagaimana penerapan komunikasi pemasaran, baik di organisasi swasta maupun pemerintah.

Pembahasan tersebut terlihat dalam beberapa judul kajian, yakni: Adopsi Inovasi Budidaya Kambing Peranakan Etawa (PE) di Kabupaten Kulon Progo Provinsi D.I. Yogyakarta mewakili bahasan tentang komunikasi pembangunan. Pada kajian komunikasi antar pribadi, terdapat naskah yang  berjudul Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa.

Dalam aspek public relations, terdapat artikel dengan judul Penguatan Pelayanan Pemerintah Kabupaten : Studi Efektivitas Program SMS Center Pada 3 Tahun Terakhir Di Kabupaten Ponorogo. Dengan tema public relations didunia pendidikan Nampak dari judul Strategi Humas Dalam Menjalin Good Relationship Dengan External Stakeholders UAD.

Tidak hanya itu, tema yang serupa juga terlihat dari judul Pemanfaatan Instagram Oleh Komunitas Wisata Grobogan Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah. Sebagai penutup pada tema ini, terdapat artikel Peran IMC Dalam Pemilihan Mommilk Manahan Solo Sebagai Pilihan Kunjungan Konsumen yang melengkapi tema public relations. 

Volume 8, No. 1, Maret 2016

Edisi kali ini, Jurnal Komuniti menghadirkan kajian dan hasil penelitian Ilmu Komunikasi yang fokus dalam bidang: komunikasi antarpribadi, media baru, image management, ekonomi politik media, serta respon krisis di media massa.

Pembahasan tersebut terlihat dalam beberapa judul kajian, yakni: Pemeliharaan Hubungan Antara Orangtua yang Bercerai dan Anak serta Keterlibatan Pengasuhan Ayah Sebagai Orang Tua Tunggal dengan Anak Perempuannya setelah Terjadinya Perceraian mewakili bahasan tentang komunikasi antar pribadi.

Dalam aspek perusahaan, terdapat artikel dengan judul Image Management Model in Company Crisis dan Respon Krisis Keraton Kasunanan Surakarta Dalam Media. Dari sisi media baru, kupasan yang menarik diramu dalam judul Manajemen Kesan Melalui Foto Selfie dalam Facebook dan Penggunaan Internet Oleh Dosen Berdasar Gender dan Generasi.

Pada bagian akhir, Dinamika Interaksi Agen dan Struktur dalam Mencegah Konsentrasi Kepemilikan Media Televisi menjadi penutup pada edisi kali ini.


2015

Volume VII, No 2, September 2015

Edisi kali ini, Jurnal Komuniti menghadirkan kajian dan hasil penelitian Ilmu Komunikasi yang fokus dalam bidang : media relations, komunikasi antar budaya, representasi rasisme dalam film serta komunikasi antar pribadi para konselor. Pembahasan tersebut terlihat dalam beberapa judul kajian, yakni : Hubungan Keterbukaan Diri Dalam Ta’arufdan Keputusan Menikah Kelompok Tarbiyah PKS Cabang Polokarto, The Influence of Corporate Social Responsibility (CSR) Program PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant on Public Attitudes In The District of South Cilacap 2014, Aktivitas Media Relations Humas Kepolisian, Manajemen Komunikasi Eksternal : Manajemen Komunikasi PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, Dalam Proses Pembangunan Pabrik Semen di Desa Tegaldowo Kecamatan Kabupaten Rembang, Komunikasi Antarpribadi Konselor Terhadap ODHA, Culture ShockSantri Luar Jawa di Lingkungan Pondok Pesantren di Jawa, Rasisme Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa Part 1,

Volume VII, No. 1, Maret 2015

Pada edisi ini, kami menghadirkan kajian dan hasil penelitian yang fokus dalam bidang public relations, media massa, komunikasi antar budaya, dan komunikasi antar pribadi. Pembahasan tersebut terlihat dalam beberapa judul kajian, yakni : Strategi Promosi Garuda Indonesia Surakarta Dalam Memenangkan Persaingan Antar Maskapai, The Influence of Participative Leadership Style of Community Relations Officer PT. Holcim Indonesia Tbk, Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Thailand Dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas Farmakologi Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Personal Branding Prabowo Subianto, Cyber PR Pada Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Official Account Sebagai Iklan di SNS : Motivasi Pemilihan Official Account di Line, Poligami Dalam Film (Analisis Resepsi Audiens Terhadap Alasan Poligami Dalam Film Indonesia Tahun 2006-2009).

2014

Volume VI, No. 1, Maret 2014

Edisi kali ini, Jurnal Komuniti menghadirkan kajian dan hasil penelitian Ilmu Komunikasi yang fokus dalam bidang : riset audiens, komunikasi antar budaya, riset  budaya media baru, aplikasi dan implementasi data, dan analisa penggunaan teknologi informasi di berbagai bidang kehidupan.

2011

Volume III, No. 1, Juli 2011

Edisi kali ini, Jurnal komuniti menghadirkan kajian dan hasil penelitian Ilmu Komunikasi dan Informatika yang berfokus pada bidang: perkembangan pengetahuan anak usia dini, beban jaringan saat mengakses email, wajah Soeharto dalam infotainment, jurnalisme lingkungan, dan pendekatan pemasaran politik dalam pemilu.

Volume II, No. 2, Januari 2011

Edisi kali ini, Jurnal komuniti menghadirkan kajian dan hasil penelitian Ilmu Komunikasi dan Informatika yang berfokus pada bidang: aplikasi peta digital, game edukasi untuk anak, teknik pengolahan citra digital, manajemen jaringan komputer, perancangan tools server, efek ekspansi media massa, dan kontruksi isu gender.