MODIFIKASI DURASI CAMSHAFT UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA MESIN SATU SILINDER 115 CC

Irwan Tri Prasetyo(1*), Agung Sudrajad(2), Yusyardi Yusuf(3)

(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Abstract

Performa mesin yang kurang maksimal pada motor standar mengharuskan pengguna motor memodifikasi sektor mesin, salah satunya pada durasi camshaft. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan performa motor dengan memodifikasi durasi camshaft. Pelaksanaan penelitian dilakukan di Laboraturium Motor Bakar Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa . Modifikasi dilakukan dengan merubah durasi camshaft dan lobe separation angle (LSA), dimana durasi camshaft standart pada katup intake 221ᴼ dan lobe separation angle 96.75ᴼ serta katup exhaust 202ᴼ lobe separation angle 84ᴼ. Modifikasi camshaft ke-satu dengan durasi katup intake 235ᴼ dan lobe separation angle 100.5ᴼ serta katup exhaust 235ᴼ dengan lobe separation angle (LSA) 102,5ᴼ yang akan dibandingkan dengan modifikasi camshaft ke-dua dengan durasi katup intake 260ᴼ dan lobe separation angle (LSA) 104ᴼ serta katup exhaust durasi 260ᴼ dengan lobe separation angle 107ᴼ). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa performa mesin  terbaik yakni menggunakan modifikasi camshaft ke-dua. Peningkatan torsi pada modifikasi camshaft adalah 19,182 % dan 22,902 % untuk modifikasi satu dan dua secara berturut-turut terhadap camshaft standar. Untuk peningkatan daya modifikasi camshaft terhadap camshaft standar adalah 7,378% dan 13,45% untuk modifikasi satu dan dua secara berturut-turut.

References

Badan pusat statistik. (2020). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis. [Online]. Available:

https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133.

Irashi, Zidni.(2018).Uji Performa Generator Listrik Berpenggerak Motor Diesel Satu Silinder Di Laboraturium

Fakultas Teknik Untirta.p39.

Kristanto, Dwi. (2017). Pengaruh perubahan durasi camshaft terhadap performance mesin FD 110 cc.p57

Anam Choirul, M, dan Muhaji. (2018). Pengaruh Variasi Perubahan Kontur CamshaftTerhadap Unjuk Kerja

Pada Honda Megapro 160D Advanced.p86.

Stevansa, Adrianto Priyo. (2014).Pengaruh Penggunaan Camshaft Standar dan Camshaft Racing Terhadap

Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah”.p2.

Alam, Perkasa Teguh. (2014). Analisa Unjuk Kerja Mesin Diesel Kapasitas 132cc pada Prototipe CulaSatu

Untitra.p30.

Pudjanarsa, Astu., and Nursuhud, Djati. (2006) Mesin Konversi Energi.Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET

Graham bell, Alexander.(1981). Performance tuning in theory and practice four stroke. England :Haynes

Publising Group

Abdillah, Aini dan Supriyanto.(2011).Tinjauan Ketahanan Aus Hasil Modifikasi Noken As Pada Motor

Balap.p116.

Sularso, Ir., and Suga, Kiyokatsu. (2008). Dasar perancangan dan pemilihan Elemen Mesin. Bandung :

PT Pradnya Paramita. p318.

Article Metrics

Abstract view(s): 1389 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 1250 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.