ANALISIS EFISIENSI ENERGI, EFISIENSI EKSERGI, DAN LAJU KERUSAKAN EKSERGI PADA KOMPONEN MESIN PLTU MUARA JAWA DENGAN VARIASI PEMBEBANAN

Muhammad Rafianur Zulmi(1*), Doddy Suanggana(2), Diniar Mungil Kurniawati(3)

(1) 
(2) Institut Teknologi Kalimantan
(3) Institut Teknologi Kalimantan
(*) Corresponding Author

Abstract

Pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU merupakan salah satu penyuplai kebutuhan listrik yang memiliki potensi besar dalam penyediaan energi di Kalimantan Timur. PLTU Muara Jawa merupakan PLTU yang baru dibangun pada tahun 2016 dan masuk dalam sistem jaringan Mahakam pada tahun 2018. Saat ini, besarnya efisiensi dari pembangkit hanya ditentukan dengan mengacu pada efisiensi energi, metode tersebut dirasa kurang menggambarkan aspek-aspek penting dari pemanfaatan sebuah energi. Berdasarkan pemikiran tersebut, maka analisis energi dan eksergi perlu dilakukan pada unit PLTU Muara Jawa. Tujuan penelitian adalah mengkaji kondisi pembebanan terbaik pada komponen mesin PLTU Muara Jawa. Adapun variasi yang digunakan adalah variasi pembebanan dengan kapasitas 50%; 75%; dan 100% dan analisis eksergi dengan variasi temperature lingkungan 25oC; 27oC; dan 30oC dengan data yang akan dianalisis adalah laju aliran massa, tekanan, temperatur, entalpi, entropi pada aliran masuk dan keluar boiler; turbin; serta kondensor yang kemudian dapat dilakukan perhitungan dan analisis data untuk mendapatkan besar efisiensi energi, efisiensi eksergi, dan laju kerusakan eksergi pada komponen mesin PLTU Muara Jawa. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh pembebanan terhadap besar efisiensi energi dan efisiensi eksergi tertinggi berada pada saat kondisi 75% daya generator dan temperatur lingkungan 30oC.

Keywords

efisiensi energi; efisiensi eksergi; laju kerusakan eksergi; PLTU

References

RUPTL PT PLN, 2018. “Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PERSERO) Tahun 2018 S.D. 2027," Kementrian ESDM: Jakarta.

Waluyo B., 2013. “Proyeksi Penyediaan Energi di Wilayah Lampung Menggunakan Perangkat Lunak Longe-Range Energy Alternatives Planning System (LEAP),” Universitas Lampung: Lampung.

Ansori E. F., 2017. “Analisis Termodinamika Pengaruh Operasi Feedwater Heater pada Performa PLTU 3 Bangka Belitung menggunakan Software Cycle Tempo,” Institut Teknologi Sepuluh November: Surabaya.

Hariyadi S. and Setiyawan A., 2014. “Analisa Termodinamika Pengaruh Penurunan Tekanan Vakum pada Kondensor Terhadap Performa Siklus PLTU Menggunakan Software Gate Cycle,” Jurnal. Teknik. Pomits, no. 3.

Phanama R., Simanjuntak Y. M., and Ivanto M., 2019. “Analisis Eksergi Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di PT. Indonesia Power Unit Jasa Pembangkitan Sanggau,” Jurnal Mahasiswa Prodi Teknik Mesin, vol. 1, no. 1.

Karyadi A. and Rangkuti C., 2016. “Analisa Energi Dan Eksergi Pembangkit Listrik Tenaga Uap,” Seminar Nasional Cendekiawan, [Online]. Available: http://www.trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/index.php/semnas.

Bejan A., Tsatsaronis G., and Moran M., 1995. Thermal Design and Optimization. John Wiley and Sons: New York.

Kotas T.J., 2013. The Exergy Method of Thermal Plant Analysis. University of London: London.

Ismantoro A. P., 2016. “Analisis laju Kerusakan Exergy dan Efisiensi Exergy Mesin PLTGU PT. Indonesia Power Unit Pembangkitan Semarang,” Universitas Sanata Darma: Yogyakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 89 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 51 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.