PERANCANGAN TUNGKU PEMANAS DENGAN MENGGUNAKAN KANTHAL A1

Dwi Purwanto(1*), Reza Azizul Nasa(2)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(*) Corresponding Author

Abstract

Beberapa material logam banyak dipakai atau digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan dan sebagai perkakas untuk mesin industri. Perlakuan panas merupakan satu rangkaian siklus panas meliputi pemanasan, penahanan temperatur, dan pendinginan. Biasanya dilakukan terutama pada logam atau paduan dalam kondisi padatan. Perlakuan panas pada logam dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, dan salah satunya yaitu perlakuan panas dengan pemasan menggunakan tungku. Metode perancangan tungku ialah menggunakan elemen kawat kanthal A1 yang dipanaskan menggunakan energi listrik untuk menghasilkan panas pada filamen yang terdapat pada dinding tungku, sampai temperatur maksimal 1200°C sehingga diharapkan dapat meningkatkan sifat mekanis pada bagian permukaan baja tersebut. Hasil rancangan pada penelitian ini akan dilakukan pada laboratorium teknik mesin di universitas muhammadiyah purwokerto. Material utama yang digunakan adalah material refraktori dengan menggunakan daya listrik sebesar 8205,1 watt dengan konsumsi pemakain listrik 4.9 kWh dengan temperature maksimum 1200°C.

Keywords

kanthal A1; tungku; perancangan; refraktori,

References

Suryana, Cahya. 2012. Trainer Dispenser Hot And Cool Unit Proyek Akhir. D3 Thesis. Negeri Yogyakarta

Abrianto Akuan, 2009, “Tungku Peleburan Logam”

Surdia, Tata, 1986, Teknik Pengecoran logam, Edisi kedua, PT Pradaya Paramita Bandung

Yulianto, A., Darmawan, A. S., & Wahyono, E. (2012). redesain dapur krusibel dan penggunaannya untuk mengetahui pengaruh pemakaian pasir resin pada cetakan centrifugal casting. jurusan teknik mesin universitas muhammadiyah Surakarta

Alviandra. (2017). pengaruh penambahan unsur paduan magnesium pada Al-Si menggunakan dapur krusibel terhadap sifat kekerasan dan struktur mikro . jurusan teknik mesin universitas merdeka malang.

Andhika, Dwi. (2009). Meneliti Hubungan Antara Kadar Tanah Liat Pada Cetakan Pengecoran Aluminium Dengan Kehaluhan Permukaan Hasil Cetak Dan Kekuatan Tarik. jurusan teknik mesin universitas malang.

Istana, Budi, Lukman, Japri, (2012) Rancang bangun dan pengujian tungku peleburan aluminium berbahan bakar minyak bekas, jurusan teknik mesin universitas muhammadiyah riau.

Arianto Leman .S. dan Tiwan, 2014 “ Pengembangan Tungku Peleburan Aluminium untuk Mengengembangkan kompetensi Pengecoran di SMK Prodi Keahlian Teknik Mesin.

Muhammad Rais Rahmat, “Perancangan Dan Pembuatan Tungku Heat Treatment”Jurnal Imiah Teknik Mesin, Vol. 3, No.2 Agustus 2015 Universitas Islam 45 Bekasi,

Hadyan gilang kurnia, 2013 “Sistem Instrumentasi Termokopel Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Univeresitas Diponegoro 2013.

Agus Rizal, Yudi Samantha, Asep Rachmat, 2016 “PEMBUATAN TUNGKU PEMANAS (MUFLLE FURNACE) KAPASITAS 12000C” Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Majalengka.

Ariffudin, S. D., & Wulandari, D. (2014). Perancangan Sistem Pemanas Pada Rancang Bangun Mesin Pengaduk Bahan Baku Sabun Mandi Cair Satriya Dwi Ariffudin. Teknik Mesin, Universitas Negeri Surabaya, 1, 52–57.

Article Metrics

Abstract view(s): 87 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 55 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.