STUDI PENINGKATAN KEKERASAN DAN PERUBAHAN STRUKTUR MIKRO BAJA (S09CK) YANG DI TREATMENT PADA CAIRAN GARAM

BIbit Sugito(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pengerasan logam dengan treatment Quenching merupakan proses pendinginan secara cepat, dari temperatur austenisasi (umumnya berkisar antara  temperatur 815oC – 870oC). Tujuan dari proses ini adalah untuk meningkatkan nilai kekerasan pada suatu logam. Proses quenching yang dilakukan dengan cairan garam. Garam dipakai sebagai bahan pendinginan dikarenakan memiliki sifat mendinginkan yang teratur dan cepat, cairan garam merupakan larutan garam dan air. Hasil pengujian komposisi kimia bahwa, logam S09CK dikategorikan dalam baja karbon rendah. Hasil pengujian tarik menunjukkan material yang diquenching memiliki sifat yang lebih getas dibandingkan dengan raw material. Dari hasil pengujian kekerasan nilai rata-rata dari material yang di quenching sebesar 207.6 VHN pada bagian permukaan 186.6 VHN pada bagian sisi dan raw material 199 VHN dan 113.3 VHN. Hasil foto mikro fasa yang terbentuk adalah ferit dan perlit.

Keywords

baja S09CK; perlakuan panas; quenching; kekerasan; austenisasi; larutan garam

References

Adriansyah. 2007. “Pengaruh Temperatur Pada Proses Heat Treatment Untuk Meningkatkan Ketahanan Aus Baja Karbon Rendah Pada Pena Pegas Daun”. Jurnal Ilmiah Poli Rekayasa. Vol. III. No. 1. Hal 7-9.

Amanto, H. 1999. “Ilmu Bahan”. Bumi Aksara. Jakarta. Hal 63-87.

Amstead, B. H., dan Djaprie, S. 1995. “Teknologi Mekanik”. Edisi ke-7 Erlangga.Jakarta. Hal 152.

Dalil, M prayitno, A dan Inonu, I. 1999. “Pengaruh Perbedaan Waktu Penahanan Suhu Stabil (Holding Time) Terhadap Kekerasan Logam”. Jurnal Natural Indonesia. Vol. 2. No. 1. Hal 12-17.

Gary, M. 2011. “Heat Treatment”. Makalah Proses Produksi. Universitas Sriwijaya

Geels, K, 2006. “Mettallographic and Materialographic Specimen Preparatio, Light Microscopy, Image Analysis, and Hardness Testing”. ASTM Internasional PP. 10-13.

Karmin dan Ginting, M. 2012. “Analisis Peningkatan Kekerasan Baja Amutit Menggunakan Media Pendingin Dromus”. Jurnal Austenite Jurusan Teknik Mesin. Vol. 4. No. Hal 1-7.

Article Metrics

Abstract view(s): 64 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 25 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.