PENGARUH BENTUK RUNNER INTAKE MANIFOLD TERHADAP POLA ALIRAN FLUIDA DENGAN MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS

Nur Aklis(1*), Sarjito Sarjito(2), Agus Pranoto Syah(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Intake manifold merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Fungsi intake manifold adalah untuk menghantar udara ke silinder atau ruang bakar, posisi dan sudut belokan pada runner sangat berpengaruh terhadap kesempurnaan pencampuran bahan bakar didalam silinder atau ruang bakar. Tujuan penelitian dalam tugas akhir ini adalah untuk mengetahui perbedaan karakteristik aliran fluida, keseragaman pendistribusian aliran fluida dimasing-masing runner dan untuk mengetahui tingkat turbulensi aliran fluida pada silinder atau ruang bakar pada intake manifold standar dan setelah dimodifikasi.

               Penelitian dilakukan dengan merubah geometri sudut runner intake manifold standar yang memiliki sudut 80o menjadi 65o. Desain pembuatan intake manifold dengan menggunakan software solidworks 2013.

               Dari hasil simulasi CFD didapat nilai-nilai kecepatan dan penurunan tekanan pada outlet dimasing-masing runner yang menunjukkan perbedaan antara intake manifold standar dan setelah dimodifikasi. Berdasarkan hasil simulasi menunjukkan perbedaan pusaran (vortex) yang terjadi didalam silinder atau ruang bakar antara intake manifold standar dan setelah dimodifikasi.

 

Full Text:

PDF

References

Ebrahim, Reza. 2006. “Intake Mnanifold Optimazation by Using 3D CFD Analisys with Observing the Effect of Lenght of Runners on Volumetric Efficiency”. Proceedings of the 3rd BSME-ASME International Coference on Thermal Engineering, Dhaka, Bangladesh.

Jafar, M. Hassan. 2014. “CFD Simulation for Manifold with Tapered Longitudinal Section”. Department of Machanical Engineering, University of Tecnology, Baghdad, Iraq.

Novianto, Ridwan M. 2014. “Simulasi Perilaku Aerodinamika dalam Kondisi Steady dan Unsteady pada Mobil menyerupai Toyota Avanza dengan CFD”. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Solanki, P. D. 2015. “Simulation Studies on Different Intake Manifold Designs for Performance Improvement of Four Stroke Four Cylinder Diesel Engine”. Mechanical Engineering Department, Student of Master of Engg. (I.C Engine and Automobile) SVMIT, Bharuch, Gujurat, India.

Suresh, Aadepu. 2014. “Design of Intake Manifold of IC Engines with Improved Volumetric Efficiency”. Department of Mechanical Engineering, Aurobindo Collage of Engineer and Technology, Ibrahimpatman-501506, Andra Pradesh, India.

Article Metrics

Abstract view(s): 3042 time(s)
PDF: 731 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.