PENGARUH MODIFIKASI BENTUK BODI MOBIL TERHADAP POLA ALIRAN DENGAN MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS

Nur Aklis, Joko Sedyono, Agung Wahyu Jatmiko

DOI: https://doi.org/10.23917/mesin.v16i2.1524

Abstract

Salah satu pengembangan dalam suatu mobil adalah desain bodi mobil. Desain mobil tidak hanya ditinjau dari factor estetika (keindahan), namun juga berdasarkan bentuk keaerodinamisan bodinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pola aliran, koefisien drag (CD) dan koefisien lift (CL) pada bodi mobil ESEMKA RAJAWALI standar dengan bodi mobil ESEMKA RAJAWALI modifikasi.

     Penelitian ini dilakukan dengan merubah geometri sudut kap dengan kaca bodi mobil standar dengan sudut 156o menjadi 165o, dan merubah bemper depan yang memiliki sudut 90o menjadi 65o. Desain pembuatan bodi mobil menggunakan software solidworks 2014. Dan disimulasikan menggunakan CFD pada software Ansys 15.0

     Dari hasil simulasi CFD didapatkan perbedaan pola aliran dan nilai-nilai tekanan pada bodi mobil masing-masing bodi mobil. Berdasarkan hasil simulasi perhitungan coefficient drag dan coefficient lift pada bodi mobil ESEMKA RAJAWALI modifikasi lebih kecil dari bodi mobil ESEMKA RAJAWALI standar.

Full Text:

PDF

References

Azwir, Hail. 2014. “Analisa Computional Fluid Dynamic Body Kendaraan Mataram Proto Dengan Perangkat Lunak Ansys Fluent 14.5”. IST AKPRIND Yogyakarta.

Hamidi, Abdullah M. 2011. “Analisis Aliran Fluida Pada Kalabiya Menggunakan CFD”. Universitas Indonesia.

Novianto, Ridwan M. 2014. “Simulasi Perilaku Aerodinamika dalam Kondisi Steady dan Unsteady pada Mobil menyerupai Toyota Avanza dengan CFD”. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siregar, Rosyadi Munawir. 2012. “Analisis Koefisien Drag Pada Mobil Hemat Energi “Mesin USU” Dengan Menggunakan Perangkat Lunak CFD”. Universitas Sumatra Utara.

Munson, Bruce R., Young, Donald D., Okhisi, Theodore H. 2004. “Mekanika Fluida Jilid 1”. Jakarta : Erlangga

Article Metrics

Abstract view(s): 759 time(s)
PDF: 379 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.