Pengembangan Ketahanan Keausan Pada Bahan Kampas Rem Sepeda Motor Dari Komposit Bonggol Jagung

Pramuko Ilmu Purboputro(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini memanfaatkan bonggol jagung sebagai serat pengisi. Bonggol jagung dalam hal ini sebagai serat penguat karena termasuk serat alam yang limbahnya banyak tidak dipergunakan. Matriks yang digunakan adalah polyesester, dengan serat campuran fiberglass. Metoda pembuatannya dengan cara pengepressan dan sintering pada suhu 180oC. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian kekerasan,impak dan keausan. Hasilnya adalah Untuk Pengujian Keausan Ogoshi pada kondisi kering, maka
bahan kampas rem mempunyai nilai keausan yang paling rendah yaitu sebesar 0.00041mm2/kg , yang sedikit lebih besar dari produk di pasaran dengan keausan sebesar 0.00014 mm2/kg. Untuk Pengujian Keausan Ogoshi Kondisi basah dengan air, diperoleh bahwa, bahan kampas rem paling rendah keausannya yaitu sebesar 0,0062 mm2/kg, namun masih lebih tinggi sedikit dari bahan kampas rem pasaran (eksipart) yaitu sebesar 0,0032 mm2/kg

References

ASM Handbook, 1990. Friction Lubrication And Wear Technology. ASM International Volume 18, USA.

Blau J. Peter, Compositions, Functions, and Testing of Friction Brake Materials and Their Additives, U.S. DEPARTMENT OF ENERGY, August 2001.

F. Thumler, 1993. Powder Metalurgy. Institute Of Material, London.

German, R.M., 1984.Powder Metallurgy Science. Metal Powder Industries Federation. Princeton, New Jersey.

Imam Setiyanto, Pramuko, 2009. Pengaruh Variasi Temperatur Sintering Terhadap Ketahanan Aus Bahan Rem Gesek Sepatu. Laporan Tugas Akhir Fakultas Teknik Mesin UMS, Agustus 2009, Surakarta.

Irfan, Pramuko, 2009, Pengaruh Variasi Tekanan Kompaksi Terhadap Ketahanan Kampas Rem Gesek Sepatu. Laporan Tugas Akhir Fakultas Teknik Mesin UMS, Agustus 2009, Surakarta.

Kalpakjian, S., Schmid, Steven R., 2003, Manufacturing Processes for Engineering Materials, Fourth Edition, Illinois Institute of Technology,Chicago.

Niemantsverdriet J. W. Chorkendorff, 2000. Concepts Of Modern Catalysis and Kinetics, Denmark and Netherlands

Ogoshi High Speed Universal Wear Testing Machine ( Type OAT- U). Instruction Manual. Tokyo Testing Machine MFG. Co.,ltd. Japan.

Article Metrics

Abstract view(s): 625 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 376 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.