STUDI EKSPERIMEN PENGARUH SUDUT PITCH TERHADAP PERFORMA TURBIN ANGIN DARRIEUS-H SUMBU VERTIKAL NACA 0012

Nur Aklis, H’mim Syafi’i, Yunika Cahyo Prastiko, Bima Mega Sukmana

Abstract

Ketersediaan sumber daya energi fosil serta makin meningkatnya kesadaran akan usaha untuk melestarikan lingkungan  mendorong manusia untuk mengembangkan energy alternatif . Angin adalah salah satu sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Energi angin dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin yang kemudian menggerakkan generator untuk menghasilkan listrik. Salah satu jenis turbin angin sumbu vertical yang banyak mendapat perhatian adalah Darrieus tipe-H. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sudut pitch terhadap performa turbin angin sumbu vertikal. Sudu didesain berdasar dengan aerofoil NACA 0012, dengan panjang chord 0,3 m. Dimater (D) sudu  0,44 m dan tinggi (H) 0,6 m. Variasi sudut pitch yang digunakan adalah (350, 400, 450, 500, 550, 600). Pengambilan data  ini dilakukan dengan menggunakan wind tunnel dengan kecepatan angin 4,8 m/s. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa turbin angin dengan sudut pitch 550 lebih efektif dalam mengekstrak energi angin, dengan efesiensi masing-masing  4,62%,.

References

Wahl Mats, 2007, Designing an H-rotor type Wind Turbine Of Operation on AmundsenScott South Pole Station, UPPSALA UNIVERSITET.

Dominy Robert G, 2007, Self-Starting Capability of a Darrieus Turbine, Northumbria University.

Tala Hiren & Sandip Patel, 2014, Simulation of Small Scale Straight Blade Darrieus Wind Turbine Using Latest CAE Techningquest to get Optimum Power Output, Engineering College Valsed, 1036.

Napitupulu Farel H, Ekawira K. Napitupulu, 2014, Uji Performa Turbin Angin Tipe Darrieus-H dengan Profil Sudu NACA 0012 dan Analisa Perbandingan Efesiensi Menggunakan Variasi Jumlah Sudu dan Sudut Pitch, Universitas Sumatera Utara, 0216-7492.

www.ecosources.info

Article Metrics

Abstract view(s): 199 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 173 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.