SIMULASI SPRINGBACK BENCHMARK PROBLEM CROSS MEMBER NUMISHEET 2005

Akhmad Arif Wahyudi, Waluyo Adi S, Tri Widodo Besar Riyadi

Abstract

Numisheet 2005 merupakan suatu konferensi internasional yang membahas tentang perubahan konsep dan teknologi baru pada lingkup simulasi sheet metal forming, konsep dan teknologi baru tersebut dimasudkan untuk memenuhi kebutuhan semua industri metal forming. Untuk memenuhi kebutuhan para desainer dan juga ilmu pengetahuan, konferensi menentukan tiga  permasalahan yang lebih dikenal dengan BENCHMARK PROBLEM, yaitu Benchmark I, Benchmark II, dan Benchmark III. Benchmark problem ini dimaksudkan agar designer dapat mengevaluasi model pada proses sheet metal forming dengan melakukan pengujian eksperimental maupun simulasi model.Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis komponen cross member benchmark II Numisheet 2005 dengan menggunakan metode simulasi numerik. Untuk keperluan proses simulasi numerik pada komponen cross member digunakan File Nas dari 2 jenis file yang tersedia pada benchmark II numisheet 2005 yaitu IGES File dan NAS File.Proses penelitian dan simulasi numerik komponen cross member ini menggunakan solver ABAQUS V64 PR11 dengan bantuan solver MSC. PATRAN dengan prosedur mengikuti guidelines numisheet 2005.Springback selalu terjadi pada sheet metal forming untuk itu perlu diperhatikan karena pengaruhnya sangat penting terhadap perubahan bentuk dan ukuran pada produk akhir yang dihasilkan. Perolehan informasi tentang springback digunakan untuk mendesain dies serta mengontrol ketelitian pada saat memproses bentuk komponen dan memprediksi kegagalan pada proses stamping yang dilakukan.

References

Cook, R. D., 1981, Concepts And Aplications Of Finite Element Analysis, John Wiley & Sons, inc, Canada. Makinouchi, A., 1996, Sheet Metal Forming in Industri. Journal of Material Processing Technology, V.60, hal. 19-26.

Marciniak, Z., et.al., 2002, Mechanics Of Sheet Metal Forming, Butterworth-Heinemann, London Singer, F.L., dan Andrew Pytel, 1995, Ilmu Kekuatan Bahan (Teori Kokoh-Strength of Material), alih bahasa Darwin Sebayang, Edisi II, Erlangga, Jakarta.

Siswanto, W. A., 2001, Single Stage Sheet Metal Forming Simulation Using ABAQUS Coupled Explicit-Implicit, Benchmark Problem Square Cup Deep Drawing in Numisheet 1993.

Article Metrics

Abstract view(s): 93 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 43 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.