PEMANFAATAN PEGAS DAUN BEKAS SEBAGAI BAHAN PENGGANTI MATA POTONG (PUNCH) PADA ALAT BANTU PRODUKSI MASSAL (PRESS TOOLS)

Fatahul Arifin, Wijianto Wijianto

DOI: https://doi.org/10.23917/mesin.v9i1.3156

Abstract

Pengembangan teknologi di bidang material sangatlah pesat sekarang ini, hal ini terlihat dari banyaknya penggunaan material logam khususnya di industri produksi massal dengan spesifikasi tertentu, seperti baja tahan karat, baja karbon tinggi, dan baja perkakas. Pada industri kecil seperti pembuatan ring, panci, tutup botol, komponen kompor dan lain-lain sering menggunakan material tersebut sebagai bahan untuk membuat alat bantu yang disebut dengan Press Tools. Pada press tool ini banyak digunakan baja karbon tinggi atau baja perkakas sebagai mata potong (punch), tetapi seiring mahal dan sulitnya material-material tersebut membuat para pelaku industri kecil mengalami kerugian yang besar untuk pembuatan alat bantu produksi. Untuk itu melalui penelitian ini penulis mengadakan percobaan di laboratorium terhadap bahan pegas daun bekas. Percobaan dilakukan empat tahap pengujian yaitu uji komposisi, uji tarik, uji kekerasan, dan uji struktur mikro. Pada uji komposisi material pegas daun bekas mempunyai kadar 0,6627 % Carbon (C), 0,7304%, Mangan (Mn), 0.0240% Belerang (S), 0,0257% Phosphor (P). Kekuatan tarik pegas daun bekas adalah 1332,5 kg/mm2. Kekerasan dilakukan dengan uji kekerasan Rockwell C maka hasil dari ujinya adalah 52.5 HRC. Pada uji struktur mikro terdapat unsur martensit dan austenit. Pada akhirnya hasil percobaan laboratorium dibandingkan dengan data yang ada pada literatur maka material pegas daun bekas ini dapat digunakan untuk bahan pengganti mata potong pada alat bantu produksi massal.

References

Alok Nayer. 2002. The Steel Handbook. Mc Graw-Hill, New York

Budiarto, SST. 2001. Press Tool 3. Politeknik Manufaktur Bandung, Bandung.

Budinski K. G. and Budinski M. K., 1999. Engineering Material Properties and Selection, 6th ed., Prentice Hall, New Jersey

Callister, William D. 2003. Materials Science and Engineering an Introduction. Sixth Edition. Singapore: John Wiley & Son, Inc.

Lukens, Robert.P, 1982. Annual Book Of ASTM Standar

Metallography II. USA

……, Standard AISI.

……, Standard ASSAB.

www.efunda.com diakses 15 Juli 2007

www.strukturmikro.co.id diakses 1 Juli 2007

www.stainless steel.com diakses 16 Juni 2007

Article Metrics

Abstract view(s): 132 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 92 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.