PENGARUH KOMPOSISI BATUBARA TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBAKARAN DAUN CENGKEH SISA DESTILASI MINYAK ATSIRI

Nur Aklis

DOI: https://doi.org/10.23917/mesin.v9i2.3163

Abstract

Limbah proses destilasi (penyulingan) minyak atsiri daun cengkeh yang berupa daun cengkeh kering sering dianggap sebagai limbah industri dan kurang dimanfaatkan. Penggunaan daun cengkeh kering sisa proses destilasi minyak atsiri hanya digunakan sebagai pendukung dari bahan bakar proses tersebut dengan dibakar secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pembakaran daun cengkeh sisa destilasi jika padukan dengan batubara dengan beberapa variasi dalam bentuk briket. Penelitian diawali dengan pengumpulan bahan dasar berupa daun cengkeh sisa proses destilasi, batubara lignit dan aspal sebagai perekat, daun cengkeh dan batubara kemudian dihancurkan dan selanjutnya dicampur dengan binder berupa aspal. Variasi yang digunakan adalah variasi komposisi, yaitu 100% batubara, 100% daun cengkeh, 80% batubara dan 20% daun cengkeh, 60% batubara dan 40% daun cengkeh, 40% batubara dan 60% daun cengkeh, dan semuanya menggunakan binder aspal dengan komposisi 10% dari berat total briket dan ditekan dengan tekanan sebesar 250 kg/cm2. Pengujian karakteristik pembakaran dilaksanakan untuk mengetahui temperatur, massa sisa dan laju pembakaran yang dihasilkan oleh campuran batubara dan daun cengkeh. Pengujian ini dilakukan pada sebuah tungku pembakaran dan pengambilan data dilakukan setiap 1 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi komposisi berpengaruh pada karakteristik pembakaran. Penambahan batubara akan mempertinggi temperatur pembakaran dan memperlama waktu pembakaran.Waktu pembakaran paling lama mencapai 44 menit dan tempertur tertinggi hingga 304oC yang dimiliki biobriket dengan komposisi 100% batubara.

References

Herbawamurti, T E., 2005. Pemanfaatan Energi Batubara. Badan Pengajian dan Penerapan Teknologi, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Sukandarrumidi, 1995. Batubara dan Gambut. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Pitono, 2007. Analisis Karakteristik Pembakaran Campuran Biobriket Enceng Gondak dan Batubara Dengan Variasi Komposisi. Tugas Akhir S1. Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 360 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 199 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.