OPTIMASI PROSES MESIN STRETCH BLOW MOULDING PADA BOTOL 600 ML DENGAN METODE RSM (RESPONSE SURFACE METHODOLOGY) STUDI KASUS DI PT. UNIPLASTINDO INTERBUANA

Mochamad Mas'ud

Abstract

Pada proses produksi Aqua botol plastik 600 ml menggunakan mesin stretch blow moulding dengan sistem pneumatik, Pembuatan produk dengan menggunakan mesin ini memiliki faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kualitas botol yang dihasilkan . Penyimpangan ukuran (pemerataan tebal botol dan kemiringan botol) tidak sesuai dengan spesifikasi mengakibatkan botol dibagian pundak putih dan bergelang (shrinkage). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengoptimalkan setting parameter mesin stretch blow moulding agar menghasilkan kualitas baik pada produk botol plastik 600 ml. Adapun variable(prediktor) yang di pilih yaitu preblow (bar), preform temperature (), dan P1 point (mm), sedangkan respon yang dicari yaitu kemiringan minimal dan tebal maksimal. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Response Surface Metodhology (RSM) yang mana dalam perhitungannya menggunakan software minitab 16. Dengan menggunakan Box Behnken Design dan 3 level factorial di hasilkan run 15 percobaan. Berdasarkan hasil kondisi yang optimal parameter yaitu preblow sebesar 6,5 bar, preform temperature sebesar 114 , dan P1 Point sebesar 25 mm. Dengan setting sebesar tersebut akan menghasilkan respon tebal botol sebesar 0,1446 dan kemiringan botol sebesar 0,1875.

References

Misbahuddin, Hasan, dan Iqbal, 2013, Analisis data penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiono, 2012, Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Iriawan,N., dan Puji Astuti,S., 2006, Mengolah Data Statistik dengan Mudah Menggunakan Minitab 14, Andi, Yogyakarta.

Suparno.,dan Antonius, 2013, Perancangan percobaan aplikasi minitab, SAS, dan Costat dalam analisis data, Alfabeta, Bandung.

Hermawan,Y.,dan Astika,I.,M, 2009, Optimasi Waktu Siklus Pembuatan Kemasan Produk Chamomile 120 Ml Pada Proses Blow Molding, Cakra M 3.1,18-25.

Musthofa, A, 2014, Penentuan Setting Parameter Pembuatan Botol DK 8251 B pada Proses Blow Moulding dengan Menggunakan RSM (Response Surface Methodology): Studi Kasus di PT. Rexam Packaging Indonesia, JTM OTOPRO 2.3, 47-55.

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.