REKAYASA DAN MANUFAKTUR KOMPOSIT SANDWICH HIBRID UNTUK PANEL

Agus Hariyanto(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  menyelidiki  pengaruh  fraksi  volume  core  terhadap peningkatan kekuatan Impak komposit sandwich hibrid berpenguat kombinasi serat rami  woven  dan  serat  gelas  woven  bermatrix  polyester  dengan  core  berpenguat kombinasi serbuk kayu jati dan mahoni bermatrix polyester. Mekanisme perpatahan diamati dengan foto makro.Bahan yang digunakan untuk skin adalah serat rami (woven), serat E-Glass (woven), resin  unsaturated  polyester  157  BQTN  (UPRs).  Bahan  yang  digunakan  untuk  core adalah serbuk kayu jati dan mahoni dengan mesh 30 pada fraksi volume 30%, 40%, dan 50%, resin unsaturated polyester 157 BQTN. Hardener yang digunakan adalah MEKPO  dengan  konsentrasi  1%.  Komposit  dibuat  dengan  metode  cetak  tekan. Komposit  sandwich  hibrid tersusun  terdiri  dari dua skin komposit hibrid dengan core hibrid ditengahnya. Skin komposit hibrid sebagai lamina terdiri  dari dua lamina serat gelas anyam dan satu lamina serat rami (woven - woven – woven). Fraksi volume serat komposit skin hibrid adalah 30%. Komposit core hibrid yang digunakan adalah serbuk kayu jati dan mahoni dengan mesh 30 pada fraksi volume 30%, 40%, dan 50% dengan resin unsaturated polyester 157 BQTN. Variabel utama penelitian yaitu fraksi volume core (30%, 40%, dan 50%). Spesimen dan prosedur pengujian Impak mengacu pada standard ASTM D 5942. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penambahan  fraksi  volume  core  mampu meningkatkan energi serap dan kekuatan impak komposit sandwich hibrid. Mekanisme patahan  diawali  oleh  kegagalan  komposit  skin  bagian  tarik,  core  gagal  geser,  dan diakhiri oleh kegagalan skin sisi tekan. Pada bagian daerah batas core dan komposit skin menunjukkan adanya kegagalan delaminasi.

Full Text:

PDF

References

Hariyanto, A.,. 2006. Studi Perlakuan Alkali dan Tebal Core Terhadap Sifat Bending dan Impak Komposit Hybrid Sandwich Serat Kenaf dan Gelas Bermatrik Polyester dengan Core Kayu Sengon Laut, Tesis. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Wahyanto, B, Diharjo, K, 2004, Karakterisasi Uji Bending Dan Impak Komposit Sandwich GRFP dengan Core Kayu Sengon Laut, Skripsi, UNS, Surakarta.

Febrianto, B, Diharjo, K, 2004, Kekuatan Bending dan Impak Komposit Hibrid Sandwich Kombinasi Serat Karung Goni dan Serat Gelas Polyester dengan Core Kayu Sengon Laut, Skripsi, UNS, Surakarta.

Gibson, O. F., 1994. Principle of Composite Materials Mechanics, McGraw-Hill Inc., New York, USA.

Shackelford, 1992. Introduction to Materials Science for Engineer, Third Edition, MacMillan Publishing Company, New York, USA.

Annual Book of Standards, Section 8, D 5942-96, Standard Test Methods forDetermining Charpy Impact Strength of Plastics, ASTM, 1996.

Hillger, 1998, Inspection of CFRP and GFRP Sandwich Components, Wilhelm Raabe Weg 13, D-3 8110 Braunschweig.

Allen, H.G., 1969, Analisis and design of structural sandwich Panels, Pergamon press.

Article Metrics

Abstract view(s): 482 time(s)
PDF: 804 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.