PENGARUH STEARIC ACID PADA KARET ANGKATAN SEPEDA MOTOR TERHADAP KEKERASAN DAN KEKUATAN TARIK DENGAN KOMPOSISI 3Phr, 4Phr, 6Phr

Masyrukan Masyrukan(1*), Pramuko Ilmu Purboputro(2)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Karet angkatan merupakan hal yang sederhana namun penting untuk kendaraan.

Komponen ini terletak di dalam tromol roda belakang yang berhubungan langsung

dengan gear. Banyak factor yang mempengaruhi kerusakan komponen ini. Penelitian

ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh stearic acid terhadap nilai

kekerasan dan kuat tarik dari kompon karet angkatan.

Bahan yang digunakan untuk membuat kompon yaitu RSS dan karet sintetis

dicampur dengan bahan kimia stearic acid, black karbon white oil, ZnO, paraffin

wax, MBTS,resin komaron dan sulfur. Bahan–bahan ini dicampur mengunakan two

rollmixing hinga menyatu dan membentuk lembaran kompon. Untuk mengetahui lama

pematangan karet dilakukan proses rheometer. Proses selanjutnya vulkanisasi karet

dengan mengunakan mold yang di press dengan suhu 1600C dan dengan tekanan 150

psi. Pengujian tarik mengunakan alat rubber testing equipment dengan standar SNI

ISO 37 : 2015 (IDT – 2011). Pengujian kekerasan menggunakan alat dengan skala

Shore A hardness tester dengan standar ISO 7619 – 1 : 2010.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, penambahan sulfur sangat berpengaruh

terhadap nilai kekerasasn dan nilai kuat tarik. Untuk nilai kekerasan kompon 3

dengan komposisi sulfur 6 phr memiliki kekerasan tertinggi yaitu 77 Shore A dan nilai

terendah pada komposisi 1 dengan nilai kekerasan 65,6 Shore A. pada nilai kuat tarik

tertinggi didapatkan 15,394 N/mm2 di komposisi 1 dan nilai terendah di komposisi 3

dengan nilai 11,44 N/mm2.

References

Christina, Mery.Baharudind dan Zuchra Helwani. 2012. “Pengaruh Kadar Asam

Stearate,Mercapodibenzothiazyldisulfide (MBTS) Dan Sulfur Terhadap Sifat Dan

Morfologi Thermoset Ruber Dengan Filler Carbon Black-Abu Terbang Sawit”. Diambil

dari : http://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFTEKNIK/article/view/ (13 September

Hendrawan.M.A.,Purboputro.P.I. 2015. “Studi Karakteristik Sifat Mekanik Kompon

Karet Dengan Variasi Komposisi Sulfur Dan Carbon Black Sebagai Bahan Dasar Ban

Luar”. diakses dari : https://publikasiilmiah.ums.ac.id/

Hendarto, Riki, D200 08 0063 (2014) “Pengaruh Komposisi Kompon Ban Pada

Koefisien Grip Dengan Lintasan Semen”. Diakses dari : http://eprints.ums.ac.id/

Sugiyanto, AriD200 06 0088 (2013) “Pengaruh Sulfur Terhadap Kekerasan Produk

(Rubber Bushing) Dengan Perbedaan Jumlah Sulfur 8 Gram, 10 Gram Dan 12 Gram”.

Diakses dari : http://eprints.ums.ac.id/

Wargono, Damar, D200 100084 (2016) “Pengaruh black carbon dan sulfur terhadap koefisiensi grip bahan ban luar dengan batikan lengkung pada lintasan beton saat

kondisi kering dan basah”. diakses dari http://eprints.ums.ac.id/

Wikipedia.2017. Sejarah Perkembangan Pembuatan Ban. Diakses dari :https://

id.wikipedia.org/wiki/ban

http://www.substech.com/dokuwi/doku.php?id =shore durometer hardness test.

https://sersasih.wordpress.com/2011/07/21/laporan-material-teknik-uji-tarik/

Article Metrics

Abstract view(s): 610 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 529 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.