VARIASI UKURAN MESH (Al-Si) DAN KARBON TEMPURUNG KELAPA DENGAN MENGGUNAKAN POLYESTER BQTN 157 TERHADAP NILAI PENGUJIAN KEKERASAN

Pramuko Ilmu Purboputro(1*), Diki Awaluddin(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pada penelitian ini peneliti ingin memahami dan membuat sampel kampas rem sepeda motor dengan menggunakan bahan komposit ramah lingkungan. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu fiberglass, karbon, serbuk Al-Si variasi mesh 50, 60, 100, kalsium karbonat, barium sulfat dan resin polyester dengan katalis sebagai matriks. Kemudian di uji gesek dengan uji kering, uji air, uji air garam, uji oil dan uji minyak rem dengan beban 20 kg selama 3 jam dan di uji kekerasan menggunakan Durometer dengan standar ASTM D2240. Dari hasil uji kekerasan nilai tertinggi pada variasi Al-Si mesh 100 yaitu 92,7 ShoreD. Hasil pengujian gesek nilai keausan tertinggi pada semua kondisi dari variasi Al-Si mesh 100 yaitu 33,171 mm³/jam, 29,025 mm³/jam, 29,025 mm³/jam, 30,393 mm³/jam, 37,310 mm³/jam. Dari hasil pengujian gesek di dapat nilai koefisien gesek nilai tertinggi pada semua kondisi dari variasi Al-Si mesh 100 yaitu 0,7084, 0,6322, 0,6025, 0,6393, 0,6345. Pada foto mikro setelah uji gesek kampas rem variasi mesh 50 mengalami kegagalan bonding adhesive sedangkan variasi mesh 60, 100 dan pasaran x mengalami kegagalan bonding kohesive. Dari hasil pebahasan dapat di simpulkan besar kecil butiran Al-Si mempengaruhi nilai kekerasan, keausan dan koefisien gesek kampas rem.

Keywords

serbuk Al-Si; karbon tepurung kelapa; polyester

References

ASTM D2240-Durometer Hardness.

Blau, P. J., 2009, Friction Science and Technology, CRC Press, New York.

Calister, Mc. Graw Hill. 2005. Material Science, London.

German. R.M., 1984. Powder Metallurgi Science. Metal Power Federation. Pricenton,

New Jersey.

Gibson, R.F., 1994. Principle Of Composite Material

Mechanic. McGraw-Hill Interrnational Book Company, New York.

Irfan, Pramuko, Ngafwan.,(2009) Pengaruh Variasi Tekanan Kompaksi Terhadap

Ketahanan Kampas Rem Gesek Sepatu. Laporan tugas akhir fakultas teknik mesin UMS,

, Surakarta.

Kiswiranti, Sugiarto, Hindarto N, Sutikno., (2009) Pemanfaatan Serbuk

Tempurung Kelapa Sebagai Alternatif Serat Penguat Bahan Friksi NonAsbestos Pada

Kampas Rem Sepeda Motor. Semarang : jurnal jurusan fisika, fakultas matematika, dan

ilmu pegetahuan alam. Universitas Negeri Semarang.

Kiswiranti Desi., (2007) Pemanfaatan Serbuk Tempurung Kelapa Sebagai Alternatif

Serat Penguat Bahan Friksi Non-Asbestos Pada Pembuatan

Kampas Rem Sepeda Motor. Semarang : skripsi fisika, Universitas Negeri Semarang.

Santoso, Estriyanto Yuyun, Wijayanto Danar Susilo., (2016) Pemanfaatan

Campuran Serbuk Tempurung Kelapa Dan Alumunium Sebagai Material Alternatif

Kampas Rem Sepeda Motor Non-Asbestos. Laporan tugas akhir program studi teknik

mesin UNS, Surakarta.

Setiaji, Rahman. 2009. Pengujian Keausan. (www.scribd.com). Diakses pada tanggal 5

Agustus2017.

Smith, William F. (1990). Principles of Material Science And Engineering, second

edition. Mc. Graw Hill Publishing Company.

http://www.otosentrum.com/teknologi-sistem-rem http://m-edukasi.kemdikbud.go.id

www.scribd.com/doc/21704473/uji-keausan

Article Metrics

Abstract view(s): 757 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 562 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.