KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI PETERONGAN SEMARANG

Wahyudha Eka Permana

DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3968

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Peterongan Semarang padamatapelajaranMatematika. Karakter kreatifitas siswa yang perlu untuk dikembangkan. Kurangnya inovasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Apakahsiswadapat mencapaiketuntasanbelajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching siswa kelas III  SD Negeri Peterongan Semarang?, (2) Apakah dengan penerapan model pembelajaran Quantum Teachingpada proses pembelajaran Matematika aspek kreatif dapat mencapai criteria baik dan? (3) Apakahterdapat perbedaan nilai pre-test dan post-test pada pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching siswa kelas III SD Negeri Peterongan Semarang?.Tujuan dalam penelitian ini adalah tidak lain untuk mengetahui pencapaian dari rumusan masalah yang telah ditentukan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD NegeriPeterongan Semarang yang berjumlah 26 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model Quantum Teachingdiperoleh thitung = 8,122> ttabel = 1,706. Maka Ha diterima. Hal ini berarti hasil belajar siswa kelas III SD NegeriPeterongan Semarang mencapai KKM 60. Sedangkan karakter kreatifitas siswa pada hasil post-test diperoleh thitung = 2,616> ttabel = 1,706. Maka Ha diterima. Hal ini berarti karakter kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Peterongan Semarang mencapai nilai dengan kriteria baik ≥ 70. Nilai rata-rata karakter kreatifitassiswa yaitu 72,69 dengan kriteria baik. Perhitungan nilai pretest dan posttest terdapat berbedaan, pada pretest memperoleh nilai rata-rata 59,38 sedangkan pada posttest memperoleh nilai rata-rata 74,15. Berdasarkan hal tersebut diperoleh thitung> ttabel yaitu 8,541> 2,056. Maka uji t hasil belajar materi bangundatarpada siswa kelas III SD NegeriPeterongan Semarang sesudah menggunakan model pembelajaran Quantum Teachingbaik dari sebelum menggunakan model pembelajaranQuantum Teaching.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teachingdapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas III SD Negeri Peterongan Semarang.

Full Text:

PDF

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.