PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR
Yuanita Yuanita(1*), Fitha Yuniarita(2)(1) STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
(2) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmadi, Hainur Rasid.1996. Telaah Kurikulum Fisika SMU (Model Pembelajaran Konsep dengan LKS.) Surabaya: University Press.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan menengah umum.
Depdiknas. 2004. Pengembangan Instrumen Ranah Psikomotor. Jakarta.
Dick&Carey. 2009. The Systematic Design Of Instruction, 7th Editions, Pearson Education Ltd., London
Handayani, Putri.dkk. 2012. Pengembangan Buku Penuntun Praktikum IPA berbasis Inkuiri terbimbing untuk SMP Kelas VII semester II (online) https://www.google.co.id/?gws_rd=cr,ssl&ei=SVImWdO4NojV0AT7m47ADw#q=jurnal+pendidikan+tentang+petunjuk+praktikum+IPA. dikases 25/5/2017
Hassoubah, Z. I. 2007. Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis: Disertai Ilustrasi dan Latihan. Terjemahan Bambang Suryadi. Developing Creative & Critical Thinking Skills: A Handbook for Students. 2002. Bandung: Nuansa.
Juhji.2016. Peningkatan keterampilan Proses Saisn Siswa melalui pendekatan inkuiri terbimbing. JPPI, Vol. 2 No.1, Juni 2016, hlm 58-70 e-ISSN 2477-2038
Kilinc, A. 2007. The Opinions of Turkish Highschool Pupils on Inquiry Based Laboratory Activities. Gazi University gazi Education Faculty Department of Biology Education, (online), (http://www.tojet.net/articles/646.pdf). Diakses 8 Desember 2013
Margunayasa, I Gede. 2014. Pengaruh Petunjuk Praktikum IPA bermuatan Perubahan Konseptual terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep IPA pada Mahasiswa PGSD. Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Indonesia ISSN: 2303-288x Vol 3, No. 1, April 2014
Margunayasa dan Ayu Indri. 2015. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPA di 3 SD Gugus X kecamatan Buleleng”. E-Jurnal Pendidikan Ganesha Vol 3, No. 1 Tahun 2015
Mukhlis, Muh.Nasir.,dkk. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”. E-Journal Penelitian Pendidikan IPA e-ISSN: 2407-795x Vol I, No, 2 July 2015.
Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rustaman, N.Y. 2007. “Program Pembelajaran Praktikum Berbasis Kemampuan Generik (P3BKG) dan Profil Pencapaiannya (Online)”, (http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/196201151987031-pdf,. Diakses 8 Oktober 2013).
Subagyo, Y. Wiyanto dan Marwoto. 2008. “Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Suhu dan Pemuaian”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Jakarta: Alfabeta
Sutrisno, Leo, dkk. 2007. Pembelajaran IPA SD. Konsorsium PJJ Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.
Timpuslitjaknov. 2008. Metodologi Penelitian Pengembangan : Departemen Pendidikan Nasional
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Prenada Media Group.
Wahyuni, Sri. 2015. “Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 20, Nomor 2, Oktober 2015
Zamroni & Mahfudz. 2009. Panduan Teknis Pembelajaran Yang Mengembang-kan Critical Thinking. Jakarta. Depdiknas
Article Metrics
Abstract view(s): 1296 time(s)PDF: 1178 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.