MENGGALI POTENSI LOKAL KABUPATEN BANYUMAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SD
Putri Handayani(1*), Merdhenita Restuti(2), Miftakhul Jannah(3), Katrina Ramadhani(4), Ellianawati Subali(5), Wiwi Isnaeni(6)(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
(3) Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
(4) Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
(5) Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
(6) Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arfianawati, S., Sudarmin, M., & Sumarni, W. (2016). Model
Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA,
(1), 46-51.
Atmojo, S. 2012. Profil Keterampilan Proses Sains dan
Apresiasi Siswa terhadap Profesi Pengrajin Tempe dalam
Pembelajaran IPA Berpendekatan Etnosains. Jurnal
Pendidikan IPA Indonesia Unnes, 1(2). 115-122.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2003.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sekretariat
Jenderal Departemen Pendidikan Nasional
Insyasiska, D., Zubaidah, S., dan Susilo, H. 2015. Pengaruh
Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar,
Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan
Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal
Pendidikan Biologi Volume 7, Nomor 1, Agustus 2015, hlm.
- 21
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57
Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah Kerangka Dasar Kurikulum 2013 SD/MI. 2014.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Permendikbud 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi
Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta : Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017).
Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi
Etnosains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan
Berpikir Kreatif. Journal of Innovative Science Education
Unnes, 6(1), 116-128.
Satria, M., Harahap. M.B., Sani R.A. (2013). The Effect of
Project Based Learning Model with Kwl Worksheet on
Student Creative Thinking Process in Physics Problems.
Journal of Education and Practice, Vol.24 No. 25 Tahun
, hlm. 188-200.
Sayuti. 2015. Pengaruh Bahan Kemasan dan Lama Inkubasi
terhadap Kualitas Tempe Kacang Gude sebagai Sumber
Belajar IPA. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi
Universitas Muhammadiyah Metro, Vol. 6 No.2 November
, hlm. 148-158.
Munandar, U. 2012.Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak
Sekolah Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua. Jakarta :
PT. Gramedia Wilujeng.
Article Metrics
Abstract view(s): 841 time(s)PDF: 866 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.