INTEGRASI ILMU AGAMA DAN SAINS: STUDI PENULISAN SKRIPSI DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Saifudin Saifudin(1*),

(1) Dosen FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11650

Abstract

Integrasi ilmu di UIN Syarif Hidayatullah  Jakarta (UIN Jakarta) adalah mandat utama transformasi perubahan status IAIN menjadi UIN. Pemikiran dan gagasan ini menegaskan bahwa secara filosofis antara (ilmu) agama atau sains tidak ada pertentangan. Keduanya berwatak Islami karena keduanya bersumber dari Allah SWT, baik berupa wahyu maupun alam semesta. Oleh karena itu, sains tidak bebas nilai  dan tidak dikhotimis. Kendati demkian,  hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gagasan integrasi ilmu agama dan sains di UIN Jakarta belum terimplmentasi pada regulasi,  metode, petunjuk pelaksanaan (juklak) serta petunjuk teknis (juknis) dengan konsepsi atau narasi yang disampaikan UIN Jakarta. Sebanyak 45 skripsi di bidang sains yang dijadikan sample penelitian ini tidak ditemukan pemikiran atau model integrasi ilmu agama dan sains. Integrasi di UIN Jakarta hanya tampak pada kebijakannya, yaitu para Surat Keputusan Rektor. Masalah pokok yang dikaji dalam penelitian adalah bagaimana model, rupa atau bentuk implementasi integrasi ilmu agama dan sains dalam penulisan karya skripsi di UIN Jakarta.

Keywords

integrasi, ilmu agama, sains, implementasi.

Full Text:

PDF

References

Abdul Hakim, Sudarnoto., dkk., 2006. Integrasi Keilmuan (Jakarta: UIN Pres)

Abdullah, M. Amin. 1995. Falsafah Kalam di Era Postmodernisme, (Pustaka Pelajar: Yogyakarta), cet. I,

-----------------------. 2007. Islamic Studies dalam Paradigma Integrasi-Interkoneksi, (Yogyakarta : Suka Press).

Abdussalam .1983. Sains dan dunia Islam, terj. Baiquni, (Bandung: Pustaka).

Abdul Baqi, Muhammad Fuad, tth. Al-Mu’jam al-Mufahras li al-Fâzh al-Qur’ân al- al-Karîm, (Bandung: CV Diponegoro).

Ahmad ibn Fâris ibn Zakariya, Abû al-Husain. 2002. Maqâyis al-Lugah, Juz. I (Bairut: Ittihad al-Kitâb al-‘Arabi).

Ahmed, Akbar S. Islam, 1994. Globalization and Post Modernism and Islam (London: Routledge).

Badara, Aris. 2012. Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media.(Jakarta: Kencana Prenada Media Group).

Barbour, Ian G. 2002. Issues in Science and Religion (New York: Harper Torchbooks).

Britanica 2001. 1999. Oxford University Press).

E., Sumaryono. 1993. Hermeuneutik: Sebuah Metode Filsafat, (Yogyakarta: Kanisius).

al-Fairûz-âbâdî, Majduddin Muhammad bin Ya’qûb, 2008. Al-Qâmûs al-Muhîth, (Kairo: Dar al-Hadîts).

al-Farabi, Abu Nashr. 1996.Ihshâ-u al-‘Ulûm, (Dâr wa Maktabah al-Hilâl).

al-Faruqi, Isma’il Raji. 1982. Tawhid: Its Implications for Thought and Life, terj. Rahmani Astuti, Tauhid, ( Bandung: PUSTAKA).

Fathurrahman, Oman. 2002. “Mewujudkan Mimpi IAIN Menjadi UIN” dalam Abuddin Nata, dkk.,Membangun Pusat Keunggulan Studi Islam, (Jakarta: IAIN Jakarta Press).

al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Thusi, 1402 H/1982 M. Ihya Ulumuddin, (Beirut: Dar al-Ma’rifah), jilid ke-1.

Hamâdah, Husain. 1987.Târikh al-Ulům ‘inda al-‘Arab, (Beirut: al-Syirkah al-‘Alamiyah li al-Kitab, 1987).

Ibn Khaldûn, tth.Muqaddimah Ibn Khaldûn, ditahkik ’Ali ’Abdulwahid Wafi, (Kairo: Dar NahdLah Mishr li al-Thab’ wa Nasyr).

Ibn Rusyd, tth. Fashl al-Maqâl fîmâ baina al-Hikmah wa al-Sarî’ah min al-Ittishâl, (Kairo: Dâr al-Ma’ârif).

Jabali, Fuad dan Jamhari (ed), 2002. IAIN dan Modernisasi Islam di Indonesia, (Jakarta: Logos).

Kartanegara, Mulyadi. 2003. Integrasi Ilmu dalam Perspektif Filsafat Islam (Jakarta: UIN Press).

Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2002.

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta).

al-Mawardi, Abû al-Hasan ‘Ali bin Muhammad bin Habîb al-Bishri. Tth. Adâb al-Dunyâ wa al-Dîn, (Jeddah: al-Haramain).

Mitahuddin, “Integrasi Pengetahuan Umum dan Keislaman di Indonesia: Studi Integrasi Keilmuan di Universitas Islam Negeri di Indonesia’, Jurnal Attarbiyah, Journal of Islamic Culture and Education Vol. I, No. 1, Juni 2016.

Musthaafâ, Ibrâhîm. dkk., al-Mu’jam al-Wasîth}, Juz. I (CD-ROM al-Maktabah al-Syamilah),

Munawwir, A.W., 1997. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia, (Yogyakarta: Pustaka Progresif), cet. XIV.

Nata, Abudin., dkk. 2002. Membangun Pusat Keunggulan Studi Islam, (Jakarta: IAIN Jakarta Press).

Pedoman Akademik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2018-2019, (Jakarta: Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Rahardjo, Mudjia. 2017. Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya, (Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).

Rifai, Nurlena dkk., “Integrasi Keilmuan dalam Pengembangan Kurikulum di UIN Se-Indonesia: Evaluasi Penerapan Integrasi Keilmuan UIN dalam Kurikulum dan Proses Pembelajaran” Jurnal TARBIYA Vol. I, No.1, Juni 2014.

Shihab, M. Quraish. 1994. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, (Bandung: Mizan).

Siregar, Prahulutun. “Integrasi Ilmu-Ilmu Keislaman dalam Perspektif M. Amin Abdullah” Jurnal MIQOT Vol. XXXVIII No. 2 Juli-Desember 2014.

Website

http://bio.fst.uinjkt.ac.id/

https://fst.uinjkt.ac.id/

fis.fst.uinjkt.ac.id

http://kim.fst.uinjkt.ac.id/

Article Metrics

Abstract view(s): 2682 time(s)
PDF: 2501 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.