REAKTUALISASI PENDIDIKAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN (AIK) SEBAGAI PENGUAT PENDIDIKAN KARAKTER

Abdul Kholid Achmad(1*),

(1) Universitas Muhammadiyah Gresik
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v21i2.13078

Abstract

Pendidikan Muhammadiyah merupakan pendidikan Islam modern yang mengintegrasikan agama dengan kehidupan untuk melahirkan generasi muslim terpelajar, berkarakter, memiliki kekuatan iman dan kepribadian manusia yang dapat menjawab tantang zaman. Sejalan dengan nafas perjuangan gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan pembaharuan tulisan bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang reaktualisasi pendidikan al islam dan kemuhammadiyahan (AIK) sebagai penguat pendidikan karakter yang diterapkan di Universitas Muhammadiyah Gresik. Temuan penelitian ini adalah (1) penguatan pendidikan karakter dapat optimal dengan dukungan kebijakan yang dapat memberikan atmosfir positif terhadap civitas akademika khususnya pelaksana kebijakan, (2) kurikulum AIK membuat pemetaan profil lulusan dan learning outcomes agar dapat diketahui secara efektif keberhasilannya serta dilakukan evaluasi hasil (output) dan evaluasi luaran (outcomes), (3) dukungan program terstruktur dan hidden curriculum sebagai bagian dari strategi internalisasi dan institusionalisasi nilai karakter dan penerapannya pada seluruh civitas akademik yang pada akhirnya akan memiliki peranan dalam pembentukan karakter manusia yang siap untuk menjawab tantang zaman. Ketiganya harus dilakukan secara terus menerus (istiqomah) dan menyeluruh dan holistic (kaffah) serta di evaluasi, dikaji dan dikembangkan pada setiap institusi secara terus menerus (continuous improvement).

Keywords

Reaktualisasi; Al Islam dan Kemuhammdiyaahan; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References

Arifin, Syamsul. Rekontruksi Al Islam Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi Muhammdiyah sebagai Praksis Pendidikan Nilai. Jurnal Edukasi. Volume.13 Nomor 2, Agustus 2015. hlm.202.

Agenda Abad Kedua. Dalam Tanfidz Keputusan Muktamar Satu Abad Muhammdiyah. Muktamar ke-46. Yogyakarta 20-25 Rajab 1431 H. hlm. 19-20

Astuti, Puji. "Kontribusi Profesionalisme dan Keteladanan Dosen terhadap Nilai-nilai Karakter Mahasiswa." Perspektif Ilmu Pendidikan 28.2 (2014): 148-156.

Andiarini, Silvya Eka, and Ahmad Nurabadi. "Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dalam peningkatan mutu sekolah." JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 1.2 (2018): 238-244.

Akhwan, Muzhoffar. "Pendidikan karakter: konsep dan implementasinya dalam pembelajaran di Sekolah/Madrasah." El Tarbawi 8.1 (2014): 61-67.

Citra, Yulia. "Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran." Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1.1 (2012): 237-249.

Didin, S., A Husaini, M. Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Pendidikan Islam, Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 2 (2), 152-197

Muhadjir Efendi. Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Sekolah Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. tt. hlm. Iii.

Horsthemke, Kai. "Transmission and transformation in higher education: Indigenisation, internationalisation and transculturality." Transformation in Higher Education 2.1 (2017): 1-9. https://dx.doi.org/10.4102/the.v2i0.12

Haski-Leventhal, Debbie. "On Purpose, Impact, Vision and Mission." The Purpose-Driven University. Emerald Publishing Limited, 2020.

J. Krishnamurti. dalam makalah Ratna Megawangi. Membangun SDM Indonesia melalaui pendidikan Holistik berbasis karakter. tt.

Kemendiknas. Panduan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Kebukuan Kemendiknas. 2011. hlm. 6.

Ki Hadjar Dewantara. Buku I ; Pendidikan, dalam Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Sekolah Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. tt. hlm.4

Murphy, M.M. Character Education in America’s Blue Ribbon Schools. Lancaster PA, Technomic. 1998. hlm.22.

Margolis, Eric, ed. The hidden curriculum in higher education. Psychology Press, 2001.

OECD. PISA 2015 Result. Asessment and Anlytical Framework-Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris. OECD Publising..

Pratiwi, Indah. "Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia." Jurnal pendidikan dan Kebudayaan 4.1 (2019): 51-71.

Perdana, Novrian Satria. "Implementasi peranan ekosistem pendidikan dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik." Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan 8.2 (2018).

Ramdhani, Muhammad Ali. "Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter." Jurnal Pendidikan UNIGA 8.1 (2017): 28-37.

Sizer, T.R, & Sizer, N.F. The students are watching: schools and the moral contract. 1999. Hard cover edition. Boston, MA: Beacon Press. dalam makalah Ratna Megawangi. Membangun SDM Indonesia melalaui pendidikan Holistik berbasis karakter. tt.

Setiawan, Rudy, and Ismi Nurul Qomariyah. "ANALYZE OF IMPLEMENTATION CHARACTER EDUCATION POLICY BASE TO SMK N 5 MALANG STUDENT’S." JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia) 2.2 (2017): 147-152.

Siswanto, Heni Waluyo. "Pendidikan Karakter: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Implementasinya di Satuan Pendidikan." Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemendiknas (2011).

Samani, M., & Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2013. hlm.43.

Suryono, A Anshori, M, Metode Pembelajaran Taḥfīẓ Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Taḥfīẓ Nurul Iman Karanganyar Dan Madrasah Aliyah Al-Kahfi Surakarta, Profetika: Jurnal Studi Islam 17 (02), 29-35

Thomas Lickona. Education for Character: How Our School can Teach Respect and responsibility. New York: Bantam Book. 1991.

Tim Pedoman Pendidikan AIK Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammdiyah. Al Islam dan Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah. 2013.hlm .10.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana

Wawancara dan Dokumentasi

Wawancara dengan PLT BP2AIK Noor Amiruddin, tanggal 10 Sptember 2020

Wawancara dengan Hasan Basri, M.Pd.I selaku Wakil Rektor 3 Universitas Muhammadiyah Gresik tanggal 12 September 2020

Dokumentasi buku akademik Universitas Muhammadiyah tahun 2019/2020

Dokumentasi Pedoman Kurikulum AIK yang dikeluarkan oleh BP2AIK UMG tahun 2019/2020

Article Metrics

Abstract view(s): 1230 time(s)
PDF: 868 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.