KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL: STUDI HIDDEN CURRICULUM DI PONPES NURUL HUDA SRAGEN

Siti Afiah(1*), Musa Asy'arie(2), Sekar Ayu Aryani(3),

(1) Program Doktor Pendidikan Agama Islam UMS, Jl. Yani Pabelan Surakarta
(2) Program Doktor Pendidikan Agama Islam UMS, Jl. Yani Pabelan Surakarta
(3) Program Doktor Pendidikan Agama Islam UMS, Jl. Yani Pabelan Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v21i2.13092

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kearifan lokal dipraktekkan sebagai sarana pendidikan Islam, bagaimana hidden curriculum berimplikasi terhadap perilaku santri serta berperan dalam penguatan karakter multikultural. Menggunakan metode kualitatif yang bersifat eksploratif dengan fokus  holistik yaitu place, actor dan activity. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Sumber data sesuai  purpossive sampling adalah semua unsur personalia yang terlibat dalam kegiatan  pondok pesantren. Hasil penelitian diantaranya (1) kearifan lokal sebagai sarana pendidikan Islam dipraktekkan dengan menyampaikan nilai-nilai Islam melalui kegiatan budaya lokal seperti pagelaran wayang kulit, filsafat Jawa dalam kemasan bahasa yang sederhana, arsitektur masjid model Jawa yang mengutamakan keterbukaan dan kebersamaan serta upaya pelestarian budaya tradisional yang berakar pada rasa syukur kepada Tuhan. (2) Hidden curriculum berimplikasi terhadap perilaku santri  melalui wejangan dan tausiah pimpinan pondok. (3) Peranan hidden curriculum dalam penguatan karakter multikultural terlihat dari softskill santri yang menunjukkan kemampuan membangun sikap toleransi, kebersamaan dan kesetaraan.

Keywords

hidden curriculum, kearifan lokal, pendidikan islam multikultural

Full Text:

PDF

References

Abdul Matin bin Salman. “Living Hdiats Of Tolerance in Multicultural Education: A Leadership in Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo Surakarta”. Jurnal Pendidikan Islam 6, No 2 (Desember 2017).

Aly, Abdullah. 2011. Pendidikan Islam Multikultural Di Pesantren : Telaah terhadap Kurikulum PPMI Assalam Surakarta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Anderson, Ben. 1965. Mythology and the Tolerance of the Javanese, Ithaca : Modern Indonesian Project Southeast Asian Program. Cornell University.

Baidhawy, Zakiyuddin. 2008. “Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural”. Jakarta: Erlangga.

Banks, James A, Cherry A.Mc, dan Gee Banks. 2010. Multicultural Education: Issues and Perspectives. Ed. Ke-7. USA : Wiley.

Dickerson, Sandra. 1993. Freedom’s Plow : Teaching in the Multicultural Classroom.

Dreeben, Robert. 1967. On What is Learned in School, London. Addison: Wesley.

Durkheim, Emile. 1961. Moral Education. New York: Free Press.

Fajarini, Ulfah. “Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter”. Jurnal Sosio Didaktika 1, No 2 (Desember 2014).

Fathurrohman. “Konservasi Pendidikan Karakter Islam Dalam Hidden Curriculum Sekolah”. Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, No 1 (Mei 2014).

Geertz, Clifford. 1966. Religion as A Culture System, dalam Michael Banton – Anthropological Approaches to the Study of Religion. London: Tavistock Publication.

Giroux, Henry. 1983. Theory of Reproduction and Resistance in the New Sosiologi of Education. A Critical Analisis.

Jackson, Philip W. 1968. Life In Classrooms, New York, Holt, Reinfart & Winston.

Karimi, Zohreh dkk. “Using The Hidden Curriculum To Teach Profesionalism In Nursing Student”, Iran Red Crescent Medical Journal, (Maret 2014).

Kementerian Agama RI. 2005. Tafsir Al Qur’an - Jilid IX. Yogyakarta: UII Press.

Kently, Fulya Damla. “Comparison Of Hidden Curriculum Theories” European Journal Of Education Studies I,No. 2, (2009)

Koentjaraningrat. 2015. Pengantar Ilmu Antropologi. Cet. Ke-10. Jakarta: Rineka Cipta

Martinson, David L, Defeating The Hidden Curriculum : Teaching Poltical Participation In The School Studies Classroom, The Clearing House, Research Library, Januari/ Februari 2013.

Muthoifin. (2019). Shariah Hotel and Mission Religion in Surakarta Indonesia. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(4), 973–979. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.74133

Nooryati, S, Mahmudah. “Redesain Pendidikan Islam Toleran Dan Pluralis Di Pondok Pesantren: Studi Konstruktivisme Sikap Kyai Dan Sistem Nilai Di Pp Nurul Jadid Paiton Probolinggo) Journal Of Islamic Education Studies 5, No 1, (2017)

Smith, Linda Tuhiwai dkk, “Indigenous knowledge , methodology and mayhem : what is the role of methodology in producing indigenous insight? A discussion from matauranga maori”. Knowledge Cultures 4 No.3, (2016).

Soehada, Moh. Aruh Menjaga Beras Kami : Religi Subsistensi dan Kapitalisme Negara dalam Pengembangan Produksi Pangan si Loksado. Disertasi, Prodi S3 Antropologi UGM, Yogyakarta, 2009.

Shobron, S., & Anshori, A. (2020). Method for Developing Soft Skills Education for Students. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 3155–3159. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080744

Shobron, S., & Rahman, S. A. (2019). Humanist islam in indonesia ahmad syafii maarif perspective. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(6), 780–786. https://giapjournals.com/index.php/hssr/article/view/hssr.2019.76118/2384

Sudarno Shobron, Amrin, Imron Rosyadi, M. (2020). Islamic Education Values in the Tradition of Peta Kapanca of Mbojo Community Tribe in West Nusa Tenggara. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 6802–6812.

Suheri dan Yeni Tri Nurrahmawati, Desain Pendidikan Multikultural Di Pp Salaf Kauman Al- Hasani Al- Lathifi Bondowoso, Paper dipresentasikan dalam Konferensi Tahunan Kopertais Surabaya tanggal 22-25 April 2018.

Thrower, James A. 1999. Religion – The Classical Theories. Edinburg: Edinburg University Press.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Vallance, Elizabeth. “Hiding The Hidden Curriculum : An Interpretation Of The Language Of Justification In Nineteenth Century Educational Reform”. Curriculum Theory Network 4, No 1 (1973)

Woodward, Mark R. 2017. Islam Jawa – Kesalehan Normatif Versus Kebatinan, Yogyakarta: LkiS.

Yamin, Moh. “Integrating the Local Wisdom Value into the National Curriculum to Create the Nationalism Strength”, Journal of Education and Practice 8, No 33 (2017)

Article Metrics

Abstract view(s): 328 time(s)
PDF: 567 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.