KINERJA GURU BERSERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SUDUNG KEDUNGTUBAN BLORA TAHUN 2015

Sudarno Shobron(1*), Suyanto Suyanto(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Jl. A. Yani Pabelan Tromol Pos I Surakarta 57102
(2) Desa Wado RT.05/RW.06 Kec. Kedungtuban Kabupatern Blora Jawa Tengah
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v17i01.2100

Abstract

The performance of school teachers be one of the important factors in improving the
schools quality. Certified teachers in Ibtidaiyah Elementary School of Muhammadiyah Sudung
Blora include planning and implementation of education quality development has been carried
out effectively and efficiently. It is characterized by the realization of the development of the
implementation of learning and learning outcomes in accordance with the vision and mission
of the madrassa. support Factor in improving education quality management are 1) Availability
of adequate learning media and support ongoing learning activities; 2) The interest and
enthusiasm of students is increasing in participating in learning activities; 3) Preparation of
teachers in teaching is increasing; 4) The climate in the classroom learning environment more
conducive; 5) There is full support of the school community, society, and government; 6) Supplied
facilities for picking up the students to and from school by teachers. Inhibiting factors in
improving the quality of education management in MI Muhammadiyah Sudung are 1) Lack
of facilities to support the library and its contents; 2) Many teachers who are still miss match
(not in accordance with the latest science education qualifications); 3) Lack of infrastructure
eg. UKS room, and laboratory, so it is still a hard time in learning practices.

Keywords: teacher performance; certification; management quality; education.

Abstrak: Kinerja guru disekolah menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan
mutu sekolah. Guru bersertifikasi di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sudung Kabupaten
Blora meliputi perencanaan dan pelaksanaan pengembangan mutu pendidikan telah
dilakukan secara efektif dan efisien. Hal ini ditandai dengan terwujudnya pengembangan
pelaksanaan pembelajaran dan hasil pembelajaran sesuai dengan visi dan misi madrasah. Fakor
pendukung dalam meningkatkan manajemen mutu pendidikan ialah 1) Tersedianya media
pembelajaran yang memadai dan menunjang berlangsungnya kegiatan belajar mengajar; 2)
Minat dan semangat siswa semakin meningkat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran; 3)
Persiapan guru dalam pembelajaran semakin meningkat; 4) Iklim lingkungan belajar dalam
kelas yang semakin kondusif; 5) Adanya dukungan penuh dengan warga sekolah, masyarakat,
dan pemerintah; 6) Disediakan fasilitas antar jemput siswa saat berangkat dan pulang sekolah
oleh guru-guru. Faktor penghambat dalam meningkatkan manajemen mutu pendidikan di MI
Muhammadiyah Sudung ialah 1) Kurangnya fasilitas pendukung perpustakaan beserta isinya;
2) Tenaga pengajar masih banyak yang miss match (tidak sesuai dengan kualifikasi ilmu
pendidikan terakhir); 3) Kurangnya sarana prasarana misalnya ruangan UKS, dan laboratorium, sehingga masih kesulitan saat praktek pembelajaran.

Kata Kunci: kinerja guru; sertifikasi; manajemen mutu; pendidikan.

Full Text:

PDF

References

Dharma, Surya. 2010. Manajemen Kinerja: Falsafah, Teori, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Hasibuan, Malayu S.P. 2006. Manajemen Dasar, pengertian dan masalah, Cet. ke-5. Jakarta:

Bumi Aksara.

Miles, Mattew B. 1994. Qualitative and Analisis. California : Sage Publication.

Simamora, Bilson. 2005. Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian AdMinistrasi, cet. 9. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2006. Jakarta :

Media Pustaka Mandiri.

Usman, Husaini. 2006. Manajemen, Praktik dan reset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Article Metrics

Abstract view(s): 592 time(s)
PDF: 572 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.