METODE I‘RĀB AL-QUR’AN DAN KONVENSIONAL SEBAGAI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI NON ARAB DI PONPES AL MADINAH BOYOLALI

Syamsul Hidayat(1*), Amien Ashiddiqi(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) PPMI (Pondok Pesantren Modern Islam Assalam) Pabelan Kartasura Sukoharjo
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v19i2.8119

Abstract

This study aims to obtain related information about (1) Exploring and knowing Arabic learning models for non-Arabs, (2) Knowing the differences between the i'rāb al-Qur'an (IQ) method and the conventional method (MK) for non-Arab speakers, (3) Knowing and describing the level of effectiveness of Arabic learning for non-Arabs using the i'rāb al-Qur'an (IQ) method and the conventional method (MK) in Islamic boarding schools. This research includes qualitative research at Al Madinah Islamic Boarding School Class XI MA Nogosari Boyolali Year 2017. The research subjects are the principal, teachers and students. Data collection is done through observation, interviews, and documentation. The data analysis technique carried out in this study is to analyze interactive model data by interacting between data collection, data reduction, data presentation and data verification. Research results: (1) Arabic Language Learning Model of Madrasah Aliyah Al Madinah Boyolali 2017/2018. The basic method used by the cleric is the bandongan method, which is a collective method (halaqoh) which is conveyed by the translation model in which the cleric reads the Arabic-language book, then translates and explains the rules and wisdom contained in it, while the students listen to the study delivered by the cleric. Learning uses the method of translation rules, delivery with lecturer, question-answer and talaqqi (sorogan). (2) The difference between the IQ method and the conventional method that the IQ method is applied in the boarding school environment in naḥwu-ṣaraf, balāgah learning, and some in muṭāla‘ah lessons. The IQ method is more inviting students to interact directly with the al-Qur'an and Hadith. The IQ method is broader in discussion, while conventional methods are limited to the curriculum. (3) The level of effectiveness of learning Arabic for non-Arabs with the IQ method and conventional methods in Islamic boarding schools that conventional methods are less satisfying for balāgah and muṭāla‘ah lessons, if there is no combination of strategies.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait tentang (1) Mengeksplorasi dan mengetahui model pembelajaran bahasa Arab bagi non-Arab, (2) Mengetahui perbedaan antara metode i‘rāb al-Qur’an (IQ) dengan metode konvensional (MK) bagi penutur non-Arab, (3) Mengetahui dan mendeskripsikan tingkat efektifitas pembelajaran bahasa Arab untuk non-Arab dengan metode IQ dan MK di lingkungan pondok pesantren. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif di Pondok Pesantren Al Madinah Kelas XI MA Nogosari Boyolali Tahun 2017. Subjek penelitian dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah teknik analisis data model interaktif dengan menginteraksikan antara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian: (1) Model Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah Al Madinah Boyolali Tahun 2017/2018. Metode yang digunakan para ustadz adalah metode talaqqi (sorogan-bandongan) yaitu metode kolektif (halaqoh) penyampaiannya dengan model kaidah-terjemah yang mana ustadz membaca kitab berbahasa Arab, lalu menerjemahkan dan menjelaskan kaidah-kaidah dan hikmah yang terkandung di dalamnya, sementara para santri menyimak kajian yang disampaikan ustadz. Pembelajaran menggunakan metode kaidah-terjemah, penyampaian dengan lecturer (ceramah), dan tanya-jawab. (2) Perbedaan antara metode i‛rāb al-Qur’an dengan metode konvensional bahwa metode IQ diterapkan di lingkungan pondok pesantren dalam pembelajaran naḥwu-ṣaraf, balāgah, dan beberapa di pelajaran muṭāla‘ah. Metode IQ lebih mengajak siswa berinteraksi secara langsung kepada al-Qur’an maupun Hadits. Metode IQ lebih mudah diingat siswa dan lebih luas pembahasannya, adapun MK terbatas dengan kitab kurikulum pegangan. (3) Tingkat efektifitas pembelajaran bahasa Arab untuk non-Arab dengan metode IQ dan MK di lingkungan pondok pesantren bahwa metode konvensional kurang memuaskan untuk pelajaran balāgah dan muṭāla‘ah, jika tidak ada kombinasi strategi.

Keywords

Learning Model; I'rab al-Qur'an Method; Conventional

Full Text:

PDF

References

Abu al-‘Abbās, Muhammad ‘Aliy. 1998. Al-I‘rāb al-Muyassar; Dirāsat fi al-Qawā‘id wa al-Ma‘āniy wa al-I‘rāb Tajma‘ Baina al-Aṣālati wa al-Mu‘āṣarah. Al-Qāhirah: Dār Al-Ṭalā’i‘.

Al-‘Aisāwiy, Yusuf bin Khalaf. 2007. Ilmu I’rāb al-Qur’an, Ta’ṣīluhu wa Bayānuhu. Riyad: Dār al-Shumai‘iy.

Bisri Mustofa, M. Abdul Hamid. 2016. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.

Dimyāṭiy, Muḥammad ‘Afīfuddīn. 2016. Ṣafā`u al-Lisān fi I‘rāb al-Qur’ān. Sidoarjo: Maktabah Lisān ‘Arabiy.

Al-Fawzan, Abdurrahman bin Ibrahim. 1431H. Idhā’āt li Mu‘allimi al-Lughah al-‘Arabiyyah Lighairi an-Nāthiqīn Bihā. Riyadh: Al-‘Arabiyyah lil Jamī‘.

Hanani, Nurul. 2015. Model Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Salaf Kediri Dan Kontribusinya Terhadap Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Arab Bagi Santri, dalam Jurnal Realita: Vol. 13, No. 1 Januari 2015: 81-96.

Hermawan, Acep. 2013. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Katsīr, Ibnu. Tafsīr al-Qur’an al-‘Adzhīm. Jeddah: Maktabah Jeddah.

Kementerian Urusan Agama Islam Kerajaan Saudi Arabia. 1418H. Al-Qur’ān Dan Terjemahnya. Madinah: Mujamma‘ Malik Fahd.

M. Arif Rahman Hakim, Dedi Efrizal. 2016. Pengembangan Materi Bahan Ajar Public Speaking berdasarkan Communicative Language Teaching, dalam Jurnal Manhaj, Vol. 4, Nomor 3, September–Desember 2016.

Mukroji. 2014. Metode Tamyiz, Sebuah Formulasi Teori Nahwu Shorof Quantum, dalam Jurnal Kependidikan, Vol. 2, No. 1, Mei 2014.

Nasution, Sahkholid. 2012. Metode Konvensional Dan Inkonvensional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, dalam Jurnal Ilmiah Didaktika: Februari 2012, Vol. XII, No. 2: 259-271.

Al-Qaṭṭān, Mannā‘. 2000. Mabāḥiṡ fi ‘Ulūmi al-Qur’ān. Al-Qāhirah: Maktabah Wahbah.

Rohman, Fathur. 2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani KIP.

Sapri. 2008. Metode Pembelajaran Bahasa Arab: Antara Tradisional dan Modern, dalam Jurnal Insania STAIN Purwokerto: Vol. 13, No. 3, 1 Sep-Des 2008: 441-452.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Al-Suyūṭiy, Abu al-Faḍl ‘Abdu al-Raḥmān Jalāl ad-Dīn. (tt). Al-Itqān fi ‘Ulūm al-Qur’ān. Al-Qāhirah: Maktabah Miṣr.

Al-Syāṭibiy, 2013. Al-Muwāfaqāt fi Uṣūl asy-Syarī‘ah, Beirut: Al-Maktabah al-‘Ashriyyah

Wekke, Ismail Suardi. 2015. Antara Tradisionalisme dan Kemodernan; Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Minoritas Muslim Papua Barat, dalam Tsaqafah, Jurnal Peradaban Islam, Vol. 11, No. 2, November 2015.

_____, Ismail Suardi. 2014. Model Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Deepublish.

_____, Ismail Suardi. 2016. Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Yogyakarta: Deepublish.

Yunus, Mahmud. 1990. Metodik Khusus Bahasa Arab, Bahasa Al-Qur’an. Jakarta: PT. Hidakarya Agung.

Article Metrics

Abstract view(s): 1066 time(s)
PDF: 4041 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.