APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PROSES PEMBELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(1) Institut Agama Islam Negeri Salatiga
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v20i2.9950
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to determine the concept of a contextual approach and the application of a contextual approach to the learning process of the Islamic Education Group in Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Boyolali. This research is a field research (Field Research), namely research conducted directly with the object of research and carried out data collection in the field. This type of research is a descriptive qualitative study conducted at MTs Negeri 4 Boyolali in August-November 2019, data collected through observation, documentation, and interview methods. The analysis was carried out using interactive analysis with three components namely data reduction, data display and conclusion drawing. The results of this study are contextual approaches are learning concepts that help teachers link material taught with real-world situations and encourage students to connect the knowledge they have with their application in their lives as family and community members. While the application of a contextual approach to the learning process of PAI Clump in Tsanawiyah Negeri 4 Boyolali Madrasah is by Implementing seven main components in its application, namely 1. Constructivism (Contructivism), 2. Finding (Inquiry), 3. Asking (Questioning), 4. Learning Community (Learning Community), 5. Modeling, 6. Reflection and 7. Authentic Assessment.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendekatan kontekstual dan aplikasi pendekatan kontekstual pada proses pembelajaran Rumpun PAI di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Boyolali. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung dengan objek penelitian dan dilaksanakan pengumpulkan data di lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di MTs Negeri 4 Boyolali pada bulan Agustus-November 2019, data dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis yang dilakuakan menggunakan analisis interaktif dengan tiga komponen yakni reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Pendekatan kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru dalam mengaitkan materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa untuk menghubungkan pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Sedangkan aplikasi pendekatan kontekstual pada proses pembelajaran Rumpun PAI di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Boyolali yaitu dengan Melaksanakan tujuh komponen utama dalam pengaplikasiannya, yaitu 1. Konstruktivisme (Contructivisme), 2. Menemukan (Inquiry), 3. Bertanya (Questioning), 4. Masyarakat Belajar (Learning Community), 5. Pemodelan (Modelling), 6. Refleksi (Reflection) dan 7. Penilaian Sebenarnya (Authentic Assesment).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Iif Khoiru dkk, 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu Pengaruhnya Terhadap Konsep Pembelajaran Sekolah Swasta dan Negeri, Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Arifin, Muzayyin, 2003. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Deal., Debby, C. Stephen White. 2006. Voice From The Classroom: Literacy Belienfs and Practices of Two Novice Elementary Teachers. Jounal of research in Childhood Education. Volume 20 Number 4: 313-329.
Departemen Agama RI, 2003. Fiqih, Jakarta: Direktorat Kelembagaan Agama.
Jauhar, Muhammad, 2011. Implementasi PAIKEM dari BEHAVIORISTIK sampai KONTRUKTIVISTIK. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser
Johnson, Elaine B. 2011. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasikkan dan Bermakna, Bandung: Kaifa Learning
Kose, Sacit dkk. 2010. The Effects of Cooperative Learning Experience on Eighth Grade Students’ Achievement and Attitude Toward Science. Education Vol. 131, No. 1, 169-179.
Moleong, Lexy. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Muthoifin, Jinan, M. (2015). Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantar: Studi Kritis Pemikiran Karakter Dan Budi Pekerti Dalam Tinjauan Islam. PROFETIKA (Jurnal Studi Islam), 16(2), 167–180.
Quthb, Muhammad, 1984. Sistem Pendidikan Islam, Bandung: PT.Al-Ma’arif
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: PT. Alfabeta
Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Silbermen, L. Melvin. 2004. Active Learning. Bandung: Nusamedia
Article Metrics
Abstract view(s): 708 time(s)PDF: 1707 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.