DETERMINAN MINAT NASABAH PENGGUNA JASA RAHN DAN IJARAH PADA KANTOR CABANG PEGADAIAN SYARIAH MADIUN

Nik Amah(1*)

(1) Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author

Abstract

This study aims to examine the determinants of customers interest who use rahn and ijarah services at the branch offices of Syariah Madiun branch covering the principles of syariah, ujrah, and service. Sampling was conducted by Accidental Sampling technique to get sample of 227 respondents. Data collection use questionnaires. The analysis method used in this research is Multiple Linear Regression Analysis. The result of the research shows that: (1) the application of sharia principle influences the customer interest who use rahn and ijarah service, (2) ujrah does not affect the customers interest who use rahn and ijarah services, (3) the service influences customers interest who use rahn and ijarah services, and (4) The application of sharia principles, ujrah, and services simultaneously affect the customers interest who use serve rahn and ijarah services.

 

Keywords: syariah principle, ujrah, services, customer interest.

Full Text:

PDF

References

Adisaputro, G. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arif, M. Nur Rianto Al. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewan Standar Akuntansi Keuangan Syariah. 2017. PSAK Syariah. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Faradiba dan Astuti Sri Rahayu Tri. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Jurnal DJOM (Online), Vol 2, No. 3, (http://ejournal-s1.undip.ac.id, Diunduh 31 Mei 2017).

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21. Semarang: UNDIP.

Habiburrahim, Rahmawati, Suhardjo, Budiyana, dan Wartono. 2012. Mengenal Pegadaian Syariah. Jakarta Timur: Kuwais.

Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nurhayati, S. dan Wasilah. 2013: Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Priyatno, D. 2013. Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Rodoni, Ahmad. 2009. Investasi Syariah. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.Arif, 2012

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. 2006. Strategi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Wulansari, F. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Terhadap Jasa Rahn Pada Pegadaian Syariah Singkawang, Jurnal Untan (Online), Vol. 4, No. 4,(http://jurnal.untan.ac.id/index.php.jcc/.article/view/11582/10916 diunduh tanggal 23 Maret 2017).

Article Metrics

Abstract view(s): 1069 time(s)
PDF: 1156 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.