Perencanaan Desa Wisata Citorek di Kabupaten Lebak Bantendengan Pendekatan Arsitektur Vernakular

Anggun Novitasari(1*), Putri Suryandari(2)

(1) Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Budi Luhur
(2) Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Budi Luhur
(*) Corresponding Author

Abstract

Desa Wisata Citorek adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki karakeristik khusus yaitu penduduknya masih memegang kuat tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Hal ini menjadi potensi untuk dikembangkan dengan perencanaan yang matang. Pendekatan kepada penduduk setempat dilakukan untuk memberikan pembelajaran tentang kebudayaan dan potensi alam yang dapat dijadikan aset wisata, diantaranya adalah potensi arsitektur vernakular. Metode diskriptif kualitatif digunakan dalam proses identifikasi potensi desa, analisis serta solusi perencanaannya. Penelitian memberikan arahan dan solusi beberapa fasilitas yang dapat dirancang sebagai bagian dari desa wisata, yaitu agrowisata, galeri, sanggar, restoran, homestay dan masjid.

Keywords

perencanaan; desa wisata; arsitektur vernakular

Full Text:

PDF

References

Kustianingrum, D., Salahudin, F., & Annas Yusuf, A. M. (2012). Kajian Tatanan Massa dan Bentuk Bangunan Terhadap Konsep Ekologi di Griyo Tawang Solo. Bandung: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITENAS.

Pujani, I. N. (2017). Kajian Penyusunan kriteria-kriteria desa wisata sebagai instrumen dasar pengembangan desa wisata. Jurnal Analisis Pariwisata, 3.

Putri Suryandari, Concept of Sustainable Housing Design and Material construction in the Tropis, Proceedings of the 1st Workshop on Multidisciplinary and Its Application Part 1, WMA-01 2018, 19-20 January 2018, Aceh, Indonesia.

Wijayanti, D. P., & Indrawati. (2020). Potensi Kampung Kedunggudel Sebagai Kampung Wisata Di Kelurahan Kenep Sukoharjo. Sinektika Jurnal Arsitektur, 73-79.

http://desawisatakotagede.blogspot.com/2016/01/teori-desa-wisata.html. [Accessed: 20-Mar-2019]

Article Metrics

Abstract view(s): 348 time(s)
PDF: 590 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.