Evaluasi Tingkat Kebisingan Ruang Terbuka Hijau Taman Tirtonadi Surakarta

Muhamad Syahrul(1*), Suharyani Suharyani(2)

(1) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Krisis ruang terbuka hijau (Green Openspace) merupakan masalah serius pada suatu kota, dan harus segera ditangani. Ruang terbuka hijau adalah suatu fasilitas sarana dan prasarana di suatu wilayah yang mendukung aktifitas non formal masyarakat perkotaan. Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Tirtonadi Surakarta adalah salah satu taman vital yang ada di kota Surakarta yang perlu dievaluasi. Lokasi taman berada di Jalan Ahmad Yani, Gilingan, Kecamatan Banjarsari Surakarta. Penelitian terkait akustik ruang terbuka yang bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas akustik Ruang Terbuka Hijau Taman Tirtonadi dari gangguan tingkat kebisingan yang disebabkan oleh kendaraan bermotor, selain identifikasi fasilitas yang mendukung kenyamanan pengguna Taman Tirtonadi. Penelitian ini dilakukan dengan menentukan lokasi titik amatan, waktu, dan pengukuran kebisingan dengan alat Sound Level Meter. Pengambilan data melalui observasi di lokasi penelitian serta menyebarkan kuesioner melalui google form. Pengambilan data secara langsung dilakukan pada waktu sore hari saat kondisi ramai pengunjung. Penelitian ini menghasilkan tingkat kualitas akustik pada RTH Taman Tirtonadi sebesar 73dBA. Kondisi ini berada di atas ambang baku mutu tingkat kebisingan yaitu >55 dBA ( Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 07, 2009 tentang ambang batas kebisingan kendaraan bermotor tipe baru). Sehingga dikatakan kurang nyaman dan bising, yang bisa berdampak negatif pada kesehatan pendengaran bagi pengguna RTH di Taman Tirtonadi Surakarta.

Keywords

evaluasi; green openspace; kebisingan; Ruang Terbuka Hijau

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. (2003). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Hakim, Rustam. (2000). Analisis Kebijakan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (Green Openspace) Kota DKI Jakarta. Institut Teknologi Bandung.

Pemerintah Indonesia. (2007). Undang – Undang No.26, Tentang Penataan Ruang Kota.

Pemerintah Indonesia. (2009). Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 07 Tahun 2009, Tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru.

Putra, Imam Syah. (2008). Analysis of Vegetation Capability to Reduce Noise. UNSRAT. 114 Manado.

Rahardian, Lalu. (2019). Ruang Terbuka Hijau yang Masih Terpinggirkan di Indonesia.

https://kabar24.bisnis.com/read/20190507/79/919413/ruang-terbuka-hijau-yang-masihterpinggirkan-di-indonesia. 9 Maret 2020, Pukul 05.30 WIB.

Workplace Health and Safety (WHS). 1993. Code of Practice for Noise Management at Work. Australia.

Article Metrics

Abstract view(s): 757 time(s)
PDF: 967 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.