SANITASI EKOLOGIS IPAL SANIMAS DI KAMPUNG SANGKRAH SURAKARTA

Ronim Azizah(1*)

(1) Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Sangkrah merupakan kampung perkotaan yang padat dan kumuh yang memiliki sanitasi lingkungan yang buruk. Untuk memenuhi kebutuhan buang air besar masyarakat biasanya menggunakan sarana WC umum karena hanya sedikit warga yang memiliki km/wc. Saat ini Kampung Sangkrah telah menggunakan Sanimas (sanitasi berbasis masyarakat) sebagai lokasi percontohan pengelolaan sanitasi lingkungan yang buruk. Lokasi MCK berada di lokasi yang masyarakatnya bersedia untuk berpartisipasi dalam pembangunan Sanimas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sanitasi ekologis yang diterapkan pada IPAL Sanimas dan seberapa besar hasil pengolahannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Metode penelitian dengan cara observasi lapangan untuk: (1) pencarian data gambar dan data tekstual; dan (2) melakukan identifikasi sistim sanitasi pada IPAL SANIMAS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa IPAL Sanimas di Kampung Sangkrah mampu mengatasi masalah sanitasi lingkungan yang buruk dengan cara: (1) membuat saluran pembuangan dari MCK secara terpisah antara grey water dan black water; (2) pembuangan limbah dari kloset (black water) diolah dengan biodigester yang menghasilkan gas metan sebagai bahan bakar memasak untuk membantu kegiatan sosial seperti Idul Adha; (3) limpahan air dari biodigester dan limbah grey water disalurkan ke bak settler, baffle reaktor dan anaerobik filter yang kemudian disalurkan ke sungai.

Full Text:

PDF

References

Dinas PU Kota Surakarta, 2013, Proyek Sanitasi Berbasis Masyarakat 2006, Gambar Kerja

Frick, Heinz, 2007, Penciptaan Keseimbangan di Antara Ekologi dan Perkotaan di Indonesia, Prosiding Seminar Nasional Arsitektur, Universitas Diponegoro, Semarang.

Prihandrijanti, Maria dan Firdayati, Mayrina, 2011, Current Situation and Consideration of Domestic Wastewater Treatment Plant for Big Cities in Indonesia (Case Study: Surabaya and Bandung),Jurnal of Water Sustainability, Vol. 1, 2 September 2011, University of Technology Sydney & Xi’an University Architecture and Technology.

Yeang, Kenneth, 2006, Ecodesign: Design for Water Conservation, Recycling, Harvesting, etc: Conserving Water Resources,John Wiley and Sons, Ltd, London, pp. 262-267.

http://io.ppi-jepang.org, (Dani, Asep Bayu dan Rumi, Fikri, Biogas Sebagai Peluang Pengembangan Energi Alternatif), INOVASI Online, Edisi vol. 8/XVIII/November 2006, diakses 2 Desember 2012

http://www.borda-sea.org/fileadmin/borda-ea/Knowledge/BORDA%20Blitz/2012_3_1_BB%238-web.pdf, diakses 2 Desember 2012

http://ciptakarya.pu.go.id/plp/wsp/, diakses 2 Desember 2012

http://www.ipb.ac.id, (Wendrawan, Fahmi Tri, Prospek Pemanfaatan Limbah Kotoran Manusia Di Asrama TPB-IPB Sebagai Penghasil Energi Alternatif Bio Gas) diakses 11 Desember 2012.

http://digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-19622-3307100030-Paper.pdf, (Perencanaan Biodigester Tinja Manusia Dan Kotoran Ternak Skala Komunal Rumah Tangga Di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri) diakses 11 Desember 2012

Article Metrics

Abstract view(s): 353 time(s)
PDF: 282 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.