KONSEP KONSIENTISASI PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM
Agung Ilham Prastowo(1*)(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini akan membahas tentang konsep pendidikan Paulo Freire yang sering disebut dengan konsientisasi. Penelitian ini mencakup konsep kosientisasi Paulo Freire, ide-ide Paulo Freire dalam pendidikan dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Paulo Freire sangat berkaitan erat dengan pendidikan Islam, pertama kesesuaian tujuan dalam pendidikan yaitu membangun kesadaran dalam mengembangkan potensi diri manusia. Kedua, kesesuaian dalam konsep pendidik yaitu sebagai pembimbing, pengajar, fasilitator yang menciptakan proses belajar yang interaktif. Ketiga, kesuaian dalam konsep siswa yaitu siswa mempunyai kebebasan dalam mengembangkan dirinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nasution, Harun, 2014. Teologi Islam, Jakarta: UI Press (CONTOH DF SUFUF)
Collins, Denis, 2002. Paulo Freire: His Life, Works and Thought, terj. Henry Heyneardhi dan Anastasia P, Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Komunitas Apiru Yogyakarta
Freire, Paulo, 1968. Pedagogy Of The Oppressed, New York: Herder
__________, 1984. Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan, Penerjemah: Alois A. Nugroho. Jakarta: PT Gramedia
__________, 1999. Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan terj: Agung Prihantoro, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mansour fakih,et. Al, 2001. Pendidikan Populer Membangun Kesadaran Kritis. Yogyakarta: Read Book
Mansyur, Masykur H, 2014. Pendidikana Ala “Paulo Freire” Sebuah Renungan, Jurnal Ilmiah Solusi Vol. 1 No.1 Januari – Maret
Mantovanny, Marius, 2017. Menggagas Ulang Transformasi Pendidikan Yang Berkesadaran Humanis, Dialogis, Kritis, Liberatif Dan Ekologis. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal. Vol 4 No 1.
Maragustam, 2018. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter, Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga
Nata, Abudin, 2017. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Prenadamedia, cet ke 3.
Santoso, Listiyono. dkk, 2017. Epistemologi Kiri. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Yamin, Moh. 2009. Menggunggat Pendidikan Indonesia, Belajar dari Paulo Freire dan Ki Hadjar Dewantara. Yogyakarta: Ar-Ruz Media
Yunus, Firdaus M, 2007. Pendidikan Berbasis Realitas Sosial; Paulo Freire dan Y.B. Mangun Wijaya. Yogyakarta: Logung Pustaka.
Article Metrics
Abstract view(s): 2172 time(s)PDF: 1903 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.