KONSEP KONSIENTISASI PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

Agung Ilham Prastowo(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang konsep pendidikan Paulo Freire yang sering disebut dengan konsientisasi. Penelitian ini mencakup konsep kosientisasi Paulo Freire, ide-ide Paulo Freire dalam pendidikan dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Paulo Freire sangat berkaitan erat dengan pendidikan Islam, pertama kesesuaian tujuan dalam pendidikan yaitu membangun kesadaran dalam mengembangkan potensi diri manusia. Kedua, kesesuaian dalam konsep pendidik yaitu sebagai pembimbing, pengajar, fasilitator yang menciptakan proses belajar yang interaktif. Ketiga, kesuaian dalam konsep siswa yaitu siswa mempunyai kebebasan dalam mengembangkan dirinya.

Keywords

Paulo Freire, Konsientisasi, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References

Nasution, Harun, 2014. Teologi Islam, Jakarta: UI Press (CONTOH DF SUFUF)

Collins, Denis, 2002. Paulo Freire: His Life, Works and Thought, terj. Henry Heyneardhi dan Anastasia P, Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Komunitas Apiru Yogyakarta

Freire, Paulo, 1968. Pedagogy Of The Oppressed, New York: Herder

__________, 1984. Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan, Penerjemah: Alois A. Nugroho. Jakarta: PT Gramedia

__________, 1999. Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan terj: Agung Prihantoro, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mansour fakih,et. Al, 2001. Pendidikan Populer Membangun Kesadaran Kritis. Yogyakarta: Read Book

Mansyur, Masykur H, 2014. Pendidikana Ala “Paulo Freire” Sebuah Renungan, Jurnal Ilmiah Solusi Vol. 1 No.1 Januari – Maret

Mantovanny, Marius, 2017. Menggagas Ulang Transformasi Pendidikan Yang Berkesadaran Humanis, Dialogis, Kritis, Liberatif Dan Ekologis. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal. Vol 4 No 1.

Maragustam, 2018. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter, Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga

Nata, Abudin, 2017. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Prenadamedia, cet ke 3.

Santoso, Listiyono. dkk, 2017. Epistemologi Kiri. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Yamin, Moh. 2009. Menggunggat Pendidikan Indonesia, Belajar dari Paulo Freire dan Ki Hadjar Dewantara. Yogyakarta: Ar-Ruz Media

Yunus, Firdaus M, 2007. Pendidikan Berbasis Realitas Sosial; Paulo Freire dan Y.B. Mangun Wijaya. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Article Metrics

Abstract view(s): 2172 time(s)
PDF: 1903 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.