AL-QURAN DAN HADIS SEBAGAI SUMBER PSIKOLOGI

M. Darojat Ariyanto

Abstract

Al-Quran  ialah Kalam Allah yang (memiliki) mukjizat, diturunkan kepada penutup para nabi dan rasul,dengan melalui perantara Malaikat Jibril, ditulis  dalam berbagai mushhaf, dinukilkan kepada kita  dengan cara tawatur (mutawatir), yang dianggap ibadah dengan membacanya. Secara garis besar  Al-Quran berisi tentang:  Aqidah, Ibadah, Wa’du dan Wa’id, Akhlak, Hukum, Kisah dan Ilmu Pengetahuan dan  Teknologi. Adapun Hadits adalah perkataan, perbuatan, dan penetapan yang disandarkan kepada RasulullahShalahu Alaihi wa Sallam setelah kenabian. Fungsi Hadis sebagai sumber kedua setelah Al-Quran dan penjelas bagi Al-Quran.        Berdasarkan fungsi dan isi Al-Quran  dan Hadis di atas maka keduanya dapat  menjadi  sumber  Psikologi, khususnya berkaitan dengan isi Al-Quran yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Lebih jelas  lagi  yang dijelaskan di dalam Q.S. Fushshilat ayat 53 yang artinya: Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kebesaran) Kami di segenap penjuru dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaskah bagi mereka bahwa Al-Qur’an itu  adalah benar. Tidak cukupkah (bagi kamu) bahwa Tuhanmu menjadi saksi  atas segla Sesutu?. Selain itu di dalam Al-Quran dan Hadits ada banyak istilah yang berkaitan dengan jiwa manusia, misalnya al-fitrah, al-ruh, al-nafs, al-qalb, al-‘aql, al-dhamir.

Keywords

al-quran, al-hadis, psikologi

Full Text:

PDF

References

Abdullah, M. Amin. 2006. Islamic Studies di Perguruan Tinggi Pendekatan Integratif-interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Amin Suma, Muhammad. 2013. Ulumul Qur’an. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baharuddin. 2004. Paradigma Psikologi Islami Studi tentang Elemen Psikologi dari Al-Quran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ancok, Djamaluddin dan Fuat Nashori Suroso. 2011. Psikologi Islami Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi .Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bastaman, Hanna Djumhana. 1997. Integrasi Psikologi dengan Islam Menuju Psikologi Islami . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daradjat, Zakiah. 1983. Islam dan Kesehatan Mental. Jakarta: PT Gunung Agung.

__________. 1992. Doa Menunjang Semangat Hidup. Jakarta: Yayasan Pendidikan Islam Ruhama.

__________. Psikoterapi . 2002.Jakarta : Bulan Bintang.

Adz-Dzaky, Hamdani Bakran . 2002. Konseling dan Psikoterapi Islam. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

__________. 2018. Pengantar Psikologi Islam. Yogyakarta: Pondok Pesantren Raudhatul Muttaqien.

Hawari, Dadang. 1997. Al Qur’an Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa. Yogyakarta: PT Dana Bhakti Prima Yasa.

_________. 1998. Doa dan Dzikir sebagai Pelengkap Medis. Jakarta: PT Dana Bakti Primayasa.

_________. 2001. Terapi (Detksifikasi) Rehabilitasi (Pesantren) Mutakhir (Sistem Terpadu) Pasien Naza (NARKOTIKA, Alkohol dan zat Adiktif Lain. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

_________. 2001. Gerakan Nasional Anti Mo Limo Madat, Minum, Main, Maling, dan Madon. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

__________. 2002. Manajemen Stres Cemas dan Depresi. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

__________. 2002. Religi dalam Praktek Psikiatri dan Psikologi. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakir. 2001. Nuansa-nuansa Psikologi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Najati, Muhammad ‘Utsman. 2004. Psikologi dalam Perspektif Hadis (Al-Hadits wa ‘Ulum an-Nafs) (terj). Zaenudin Abu Bakar. Jakarta: PT Pustaka Al-Husna Baru.

Nashori,Fuad. 2010. Agenda Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Praja, Juhaya S. 1995. Model Tasawuf menurut Syari’ah Penerapannya dalam Perawatan Korban Narkotika dan Berbagai Penyakit Rohani. Tasikmalaya: Penerbit PT Latifah Press Institut Agama Islam Latifah Mubarakiyah (IAILM) Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya.

Purwanto, Yadi. 2011. Psikologi Kepribadian Integrasi Nafsiyah dan ‘Aqliyah Perspektif Psikologi Islami. Bandung: PT Rafika Aditama.

As-Sakandari, Ibnu Atha’illah. 2017. Al-Hikam (terj). Imam Firdaus.Jakarta: Wali Pustaka

Al-Qaththan, Syaikh Manna’. 2014. (terj) . (terj) Mifdhol Abdurrahman, Pengantar Studi Ilmu Hadits (terj). Mifdhol Abdurrahman. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Shihab, M. Quraish. 2013. Kaidah Tafsir: Syarat,Ketentuan, dan Aturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami ayat-ayat al-Quran. Tangerang: Penerbit Lentera Hati.

Sholeh. Moh dan Imam Masbukhin. 2005. Agama Sebagai Terapi Telaah Menuju Ilmu Kedokteran Holistik. .Yogtakarta: Pustaka Pelajar.

__________. 2006. Terapi Salat Tahajud Menyembuhkan Berbagai Penyakit. Bandung: Mizan Media Utama.

Syarif, Adnan. 2002. Psikologi Qurani (Terj) Muhammad Al-Mighwar. Bandung: Pustaka Hidayah.

Taufiq, Muhammad Izzuddin. 2006. Panduan Lengkap dan Praktis Psikologi Islam (terj). Sari Narulita. Jakarta: Gema Insani.

Universitas Muhammadiyah Surakarta, Mushaf At-Tanwir Al-Qur’an dan Terjemahnya (Yogyakarta: Penerbit Gramasurya, 2015), 482.

Az-Zahrani, Musfir bin Said. 2005. Musfir bin Said Konseling Terapi (terj)Sari Narulita dan Miftahul Jannah. Jakarta: Gema Insani.

Article Metrics

Abstract view(s): 42 time(s)
PDF: 21 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.