KETERAMPILAN MAHASISWA SEMESTER VI DALAM MENDESAIN PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN DAN MICRO TECHING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAI UMS TAHUN AKADEMIK 2014/2015

Zaenal Abdidin, Bambang Rahardjo

Abstract

Rencana pelaksanaan pembelajaran dipandang sebagai suatu alat yang dapat membantu para pengelola pendidikan untuk menjadi daya guna dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Masalah yang mendasar dalam penelitian ini adalah tentang “Bagaimana keterampilan mahasiswa dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan implementasinya pada praktek micro teching program studi Pendidikan Agama Islam di laboratorium FAI UMS tahun akademik 2014/2015?”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan mahasiswa semester VI sebagai calon guru agama dalam menyusun perencanaan pembelajaran (RPP) dikatakan sudah baik karena: 1) Dalam menentukan rumusan tujuan pembelajaran dengan cara melihat materi yang akan diajarkan sehingga dapat menentukan isi dan target yang ingin dicapai. 2) Dalam menentukan materi yang akan disusun dalam RPP perlu memilih sumber belajar terlebih dahulu yang berkait dengan materi pembelajaran yang akan dipelajari dengan menunjang terhadap pencapaian tujuan. 3) Dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dengan menentukan metode pembelajaran yang sesuai agar tercipta pembelajaran yang diinginkan. 4) Dalam menentukan media, terlebih dahulu dengan melihat situasi dan kondisi yang ada di lapangan. 5) Dalam menentukan penilaian telah mengikuti prosedur RPP melalui empat teknik penilaian, akan tetapi karena ruang lingkupnya baru praktek mengajar maka baru dilakukan dengan teknik post test atau pre test dengan melihat tingkat kesulitan materi terlebih dahulu. Adapun dalam implementasinya, mahasiswa praktek micro teaching sudah baik dilihat dari cara membuka pelajaran sampai menutup pelajaran, akan tetapi perlu adanya perbaikan dengan banyak latihan di depan audien dibeberapa kesempatan agar lebih terbiasa dan terlatih sesuai dengan feedback dari teman-teman sebagai observer ataupun dosen pengampu di laboratorium micro teaching program studi Pendidikan Agama Islam FAI UMS

Keywords

Keterampilan Menyusun RPP & Keterampilan MicroTeaching

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asril, Zaenal. 2012. Micro Teaching Disertai Dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Buchari,Alma.2009.Guru Profesional Menguasai Metodedan Terampil Mengajar.Bandung: Alfabeta.

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Depdikbud. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

E. Mulyasa. 2006. Kurikulum Yang Di Sempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Effendi, Sofian. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Hariyanto dan Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Joko, Harun. 2014. Pedoman Praktik Pembelajaran Micro Teaching. Surakarta: FKIP-UMS.

Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Majid,Abdul.2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Meleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kwalitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhadi,Steven.2014.PengertianMahasiswa(http://www.id.m.wikipedia.org/wiki/Mahasiswa). diakses pada tanggal 2 Maret 2015.

Muslim. 2011. Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran “Skripsi” (Riau: FKIP Universitas Riau, 2011), www.lib.unri.ac.id/skripsi/index.php?p=show_detail&id=35682.

Mutalazimah. 2002. Metode Penelitian. Surakarta: FIK-UMS.

Narbuko, Cholid dkk. 1997. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Narwanti, Sri. 2012. Panduan Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Familia. diakses pada tanggal 14 Maret 2015.

Payong, Marselus R. 2011. Sertifikasi Profesi Guru. Jakarta: PT Indeks.

Riduawan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru – Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Santoso, Abdul Fattah, dkk. 2013. Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi. Yogyakarta: FAI-UMS.

Suwarna. 2006. Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sutama. 2010. MetodePenelitianPendidikan.Surakarta: Kurnia Offset.

Thalib, Muhammad. 2012. Al-Qur’an Tarjamah Tafsiriyah. Jogjakarta: Ma’had An-Nabawy.

Ulinuha, Agus dkk. 2011. Buku Pedoman Fakultas Agama Iislam 2011-2012. Surakarta: UMS.

Umar, Muntadhar. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran Serta Bentuk Implementasinya. Makalah FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. (http://www.Blog.muntadhar.com/2013/07/teori-belajar-dan-pembelajaran-serta.html?m=1), diakses pada tanggal 1 Maret 2015.

UMS. Id.m.wikipedia.org/wiki/Universitas_Muhammadiyah_Surakarta. diakses pada tanggal 14 Maret 2015.

Wijayanto, Heru. 2008. “Peranan Keterampilan Mengajar dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Kualitas Kemampuan Guru IPA Biologi SMP Se-Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali”, Skripsi. Surakarta: FKIP-UMS.

Article Metrics

Abstract view(s): 133 time(s)
PDF: 20 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.