ARUS PENDIDIKAN ISLAM TRANSFORMATIF DI INDONESIA: SEBUAH PENJAJAGAN AWAL

Mohamad Ali Ali

Abstract

Diteropong dari sudut pandang sosial politik, kedudukan pendidikan Islam di Indonesia sungguh kokoh. Meski bukan Negara Islam, tetapi mayoritas penduduk memeluk agama Islam. Pancasila merupakan hasil konsensus nasional yang disepakati menjadi dasar Negara. Indonesia adalah bangsa religius yang meletakkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa (YME) sebagai fondasi dan ruh empat sila lain dalam Pancasila. Sehaluan dengan itu, pemerintah mengambil kebijakan konvensional dimana pendidikan agama wajib diajarkan sesuai dengan agama dan keyakinan peserta didik. Kebijakan ini sudah berjalan 72 tahun, tetapi hasilnya masih jauh panggang dari api. Jurang yang curam antara “cita-cita” dengan “realita” out put pendidikan Islam masih terjadi; karena kesalehan individual tidak dengan sendirinya melahirkan kesalehan sosial. Pendidikan Islam transformatif (PIT) mencurahkan perhatian pada problem kesenjangan “pemahaman” dan “pengamalan” agama melalui pendekatan dari bawah (pengalaman manusiawi). Diskursus pendidikan Islam transformatif muncul pada dekade 1980-an, dan bisa dikatakan sebagai arus baru dalam gerakan pendidikan Islam Indonesi

Keywords

Pendidikan Islam transformatif, pendidikan kritis, pemberdayaan rakyat

Full Text:

PDF

References

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos, 1999.

Ali, Fachry & Bactiar Effendy. 1986. Merambah Jalan Baru Islam. Mizan: Bandung, 1986.

Abdullah, M. Amin. Pendidikan Agama Era Multikultural-Multireligius. Jakarta: PSAP, 2005.

Amin, M. Mansyur (Ed.). Teologi Pembangunan, Paradigma Baru Pemikiran Islam. Yogyakarta: LKPSM NU DIY, 1989.

Anwar, M. Syafii. Pemikiran dan Aksi Islam Indonesia. Jakarta: Paramadina, 1995.

Banawirata, J. B. 1985. “Menghargai Rakyat dan Tradisi Mereka, Belajar dari Teologi Pembebasan” dlm. Majalah Prisma. No. 6/Tahun XIV/1985.

Bruinesssen, Martin van. NU, Tradisi, Relasi Kuasa dan Pencarian Wacana Baru. Yogyakarta: LKiS, 1999.

Buchori, Mochtar. Penelitian Pendidikan dan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: IKIP Muhammadiyah Press, 1994.

Choms, Philip H. & Manzoor Ahmed. 1984. Memerangi Kemiskinan di Pedesaan Melalui Pendidikan Non-Formal. Jakarta: YIIS.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantern. Jakarta: LP3ES, 2011.

Drake, Christine. National Integration in Indonesia: Patterns and Policies. Honolulu USA: University of Hawaii Press, 1989.

Flensner, Karin Kittelmann. Religius Education in Contemporary Pluralistik Sweden. Gothenburg: Universisty of Gothenburg, 2015.

Fisher, Joseph. “Indonesia” dlm. James S. Coleman (Ed.) Education and Political Develepment. New Jersey: Princeton University Press, 1968.

Freire, Paulo. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES, 2007.

---------------. Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan. Jakarta: Gramedia, 1984.

Hasan, M. Kamal. “Beberapa Dimensi Pendidikan Islam di Asia Tenggara”, dlm. Taufik Abdullah & Sharon Siddique (Eds). Tradisi dan Kebangkitan Islam di Asia Tenggara. Terjemahan Rochman Achwan. Jakarta: LP3ES, 1988.

Illich, Ivan. Bebaskan Masyarakat dar Belenggu Sekolah. Jakarta: YOI, 2000.

Maarif, Ahmad Syafii. Islam dan Pancasila sebagai Dasar Negara. Jakarta: LP3ES, 2006.

Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Nitiprawiro, Fr. Wahono. Teologi Pembebasan. Jakarta: Sinar Harapan, 1987.

Banawirata, J. B. 1985. “Menghargai Rakyat dan Tradisi Mereka, Belajar dari Teologi Pembebasan” dlm. Majalah Prisma. No. 6/Tahun XIV/1985.

Noer, Deliar. Gerakan Moderen Islam di Indonesia. Jakarta: LP3ES, 1994.

Rais, M. Amien. Islam di Indonesia, Sebuah Ikhtiar Mengaca Diri. Jakarta: Rajawali Pers, 1992.

Reimer, Everet. Sekitar Eksistensi Sekolah. Yogyakarta: Hanindita, 1987.

Suminto, H. Aqib. Politik Islam Hindia Belanda. Jakarta: LP3ES, 1996.

UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wirjosukarto, Amir Hamzah. Pembaharuan Pendidikan dan Pengadjaran Islam jang diselenggarakan oleh Pergerakan Muhammadijah. Yogyakarta

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.