PERBANDINGAN TUJUAN PENDIDIKAN UNTUK MEMBENTUK MANUSIA IDEAL MENURUT PAULO FREIRE DAN MUHAMMAD IQBAL

Zaenal Abidin(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Manusia merupakan objek sekaligus subjek pendidikan, sebagai objek ia adalah hasil akhir yang ingin diraih dari semua proses pendidikan. Menjadi subjek ia manusia adalah pelaksana dari proses pendidikan, bagaimana membantu peserta didik belajar untuk menjadi manusai yang sebenar-benarnya manusia. Meskipun tujuan pendidikan dari tiap zaman, negara, senantiasa berubah-ubah mengikuti perkembangan zaman, namun ada satu hal yang selalu sama, yakni pendidikan adalah bagaimana membentuk manusia yang seutuhnya. Maka menjadi penting bagi kita untuk belajar seperti apa manusia ideal itu dan bagaimana pendidikan mampu menghasilkannya. Jika kita melihat dari Barat kita bisa melihat Paulo Freire dengan pedidikan pembebasan dan jika dari Timur kita bisa melihat Muhammad Iqbal dengan konsep Khudi atau Ego sebagai dasar filsafatnya.

Keywords

Tujuan Pendidikan, Humanisme, Pembebasan, Ego

Full Text:

PDF

References

Abidin, Z. (2003). Filsafat Manusia, Memahami Manusia Melalui Filsafat. Bandung: Rosda Karya.

Al-Attas, M. A.-N. (1981). Islam Dan Sekularisme. Bandung: Penerbit Pustaka.

Ali, M. (2016). Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah. Profetika, Jurnal Studi Islam, 43-56.

Arifin, H. (1995). Ilmu Perbandingan Pendidikan. Jakarta: PT Citra Mandala Pratama.

Boisard, M. A. (1980). Humanisme Dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Darmaningtyas. (2004). Pendidikan Yang Memiskinkan. Yogyakarta: Galang Press.

Freire, P. (2007). Politik Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fromm, E. (1966). The Heart of Man. New York: Routledge & Keegan.

Iqbal, A. M. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iqbal, M. (1986). Percikan Filsafat Iqbal Mengenai Pendidikan. Bandung: Diponegoro.

(2016). Rekonstruksi Pemikiran Religius dalam Islam. Bandung: Mizan.

Leahy, L. (1989). Manusia Sebuah Misteri. Jakarta: Gramedia.

Mangunhardjana, A. (1997). Isme-isme dari A-Z. Yogyakarta: Kanisius.

Nasution, H. (2012). Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. Jakarta: UI Pres.

Rahayu, C. M. (2017, September Maret). Detik.com. Retrieved from Detik.com: https://news.detik.com/berita/3454712/jppi-indeks-pendidikan-indonesia-di-bawah-ethiopia-dan-filipina

Sadullah, U. (2015). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Shihab, M. Q. (2014). Membumikan Alqur’an. Bandung: Mizan.

Sihotang, K. (2009). Filsafat Manusia. Yogyakarta: Kanisius.

Sutoyo, A. (2015). Manusia Dalam Perspektif al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syari’ati, A. (1992). Humanisme Antara Islam dan Barat. Jakarta: Pustaka Hidata.

Tafsir, A. (2014). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Rosda.

Thahir, L. S. (2002). Gagasan Islam Liberal Muhammad Iqbal. Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya.

TV, M. (2017, Mei 22). mediaindonesia. Retrieved from mediaindonesia.com: http://mediaindonesia.com/news/read/103035/konvoi-pelajar-sma-ngamuk-di-klaten-lukai-belasan-warga/2017-05-02

Yamin, M. (2014). Menggugat Pendidikan Indonesia: Belajar dari Paulo Freire dan Kihajar Dewantara. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Article Metrics

Abstract view(s): 2143 time(s)
PDF: 3649 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.