PERAN GURU AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MTS MUHAMMADIYAH WARU BAKI SUKOHARJO

Nurul Latifatul Inayati(1*), Rima Aritaningsih(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Peran guru dalam pendidikan tidak hanya merancang kegiatan pembelajaran, guru juga memiliki peran sebagai pembimbing, motivator, fasilitator, dan evaluator. Peran guru diharapkan  tidak hanya dalam proses pembelajaran di kelas tetapi juga diperlukan dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan mendeskripsikan bagaimana peran guru Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam membentuk karakter religius siswa di MTs Muhammadiyah Waru Baki. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Dalam hal ini subjek penelitian adalah guru Al-Islam dan KeMuhammadiyahan. Peneliti menggunakan pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deduktif, dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di MTs Muhammadiyah Waru Baki meliputi guru sebagai motivator, informator, mediator, demonstrator dan evaluator. Peran guru Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam membentuk karakter religius siswa sebagai motivator, memotivasi siswa melalui teman yang berprestasi, menyemangati siswa untuk beribadah. Sebagai informator guru memberikan penjelasan lebih rinci dan memberi informasi terbaru. Sebagai mediator guru menyediakan media pembelajaran.Sebagai demonstrator guru memberikan contoh yang baik melalui sholat dhuhur berjamaah. Sebagai evaluator guru menilai perilaku siswa, menegur bila siswa melanggar peraturan.

Keywords

Peran, Guru, Karakter Religius

Full Text:

PDF

References

Albertus, Doni Koesoema. 2011. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta : Grasindo.

Alim, Muhammad. 2011. Pendidikan Agama Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penulisan. Jakarta : Rineka Cipta.

Aunillah, Nurla Isna. 2011. Panduan Menerapkan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Laksana.

Azizy, A.Qodri. 2003. Pendidikan (Agama) untuk Membangun Etika Sosial. Semarang : CV.Aneka Ilmu.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Elfindri. 2012. Pendidikan Karakter : Kerangka, Metode, dan Aplikasi Untuk Pendidikan dan Professional. Jakarta : Baduose Media.

Fakhruddin, Asef Umar. 2010. Menjadi Guru Favorit!. Yogyakarta : Diva Press.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung : Alfabeta.

Hidayatullah, M.Furqon. 2010. Pendidikan Karakter : Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta : Yuma Pustaka.

Listyarti, Retno. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta : Erlangga.

Mahanani, Ayusita. 2011. Buku Pintar PLPG (Pendidikan & Latihan Profesi Guru ). Yogyakarta : Araska.

Mahfudz, Asef. 2011. Be a Good Teacher or Never. Bandung : Nuansa Cendekia.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangakan Kompetensi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung : Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praltiknya. Jakarta : Bumi Aksara.

Tohirin. 2014. Psikologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Rajawali Pers.

Wahabet.al. 2011. Kompetensi Guru Agama Tersertifikasi. Semarang : Robar Bersama.

Yonny, Asep dan Sri Rahayu. 2011. Begini Cara Menjadi Guru Inspiratif dan Disenangi Siswa. Yogyakarta : Pustaka Widyatama.

Article Metrics

Abstract view(s): 599 time(s)
PDF: 820 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.