Optimalisasi Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan Terintegrasi Literasi Digital Guna Menghadapi Tantangan Era 4.0

Bachtiar Adi Saputra(1*), Taufiq Churrohman(2), Budi Haryanto(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(3) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(*) Corresponding Author

Abstract

Tulisan ini membahas tentang optimalisasi pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang diintegrasikan dengan literasi digital guna menghadapi tantangan era 4.0 yang dikenal dengan era digital. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menjelaskan fakta secara obyektif dan ilmiah sesuai keilmuannya. Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan perlu dioptimalkan perannya untuk membina generasi muslim yang menguasai iptek, keterampilan kritis, kolaboratif dengan landasan iman dan taqwa guna menghadapi tantangan era 4.0 melalui integrasi pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan dengan literasi digital. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital dalam proses pembelajaran AIK melalui teks digital, video digital, gamar digital, animasi digital dan Al Qur’an digital yang dapat diakses  dari laptop, tablet, maupun handphone yang sudah banyak digunakan oleh peserta didik dalam kesehariannya. Pembelajaran kontekstual yang memanfaatkan perangkat digital bisa membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi interaktif dan menyenangkan. Dapat disimpulkan bahwa dalam menghadapi tantangan di era 4.0, pembelajaran Al Islam dan Kemuhamamdiyahan perlu mengimbangi kemajuan teknologi melalui optimalisasi pembelajaran AIK yang diintegrasikan dengan literasi digital

Keywords

Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Literasi digital, Era 4.0

Full Text:

PDF

References

Schwab, K. The Fourth Industrial Revolution. New York: Crown Publishing, 2016.

Priatmoko, S. Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. TA‟LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, (10), 2018.

Kasali, R. Disruption : Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi, Motivasi Saja Tidak Cukup. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2017.

Hadi, S. lpmpntb.kemdikbud. Retrieved Oktober 31, 2019, from lpmpntb.kemdikbud.go.id: lpmpntb.kemdikbud.go.id/website/literasi-digital-dan-berpikir-kritis-sebagai-upaya-adaptasi-era-revolusi-industri-4-0, 2019.

Sayyi, A. Modernisasi Kurikulum Pendidikan Islam dalam Perspektif Azyumardi Azra. Tadris : Jurnal Pendidikan Islam, (35), 2017.

Mukhtar. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Darsono, M., & dkk. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV. IKIP Semarang, 2002.

Zamroni. Percikan Pemikiran Pendidikan Muhammadiyah. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2014.

PP Muhammadiyah. Surat Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Jakarta:: Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2008.

Tim GLN Kemendikbud. Materi Pendukung Literasi Digital; Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Bawden, D. Information and digital literacies: a review of concepts. Journal of Documentation, 218-259, 2001.

Mayes, T., & Fowler, C. Learners, Learning Literacy and The Pedagogy of E-learning; Digital Literacies for Learning. London: Facet Publ, 2006.

Riel, J., Christian, S., & Hinson, B. Charting digital literacy: A framework for information technology and digital skills education in the community college. Presentado en Innovations, 2012.

Schwab, K. The Fourth Industrial Revolution. New York: Crown Publishing, 2016.

Tjandrawinata, R. R. Industri 4.0: Revolusi Industri Abad Ini dan Pengaruhnya pada Bidang Kesehatan dan Bioteknologi. Jakarta: Dexa Medica Group, 2016.

Herman, M., Pentek, T., & Borris, O. Design principles for industrie 4.0 scenarios. Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 2016.

Sukono. Memanfaatkan Kemajuan Teknologi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Prosiding “Profesionalisme Guru Abad XXI”, Seminar Nasional IKA UNY, 2018.

Zustiyantoro, D. Masuki Era Revolusi Industri 4.0, Tantangan Guru Makin Kompleks. Retrieved November 5, 2019, from http://ppg.ristekdikti.go.id/: http://ppg.ristekdikti.go.id/seminar-nasional-peluang-dan-tantangan-guru-masa-depan, 2018.

Kemkominfo, P. D. Komunikasi dan Informatika Indonesia Whitepaper 2010. Jakarta: Pusat Data Kementrian Komunikasi dan Informatika. 2010.

Kemp, Simon. Digital 2019: Indonesia. Diakses dari www.wearesosial.com yang bekerjasama dengan www.hootsuite.com tanggal 7 November 2019

Munir. Pembelajaran Digital. Bandug:ALfabeta, 2017.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. Penciptaan Manusia dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains. Disusun atas kerja sama: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama RI dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Jakarta: Kemenag, 2016.

Article Metrics

Abstract view(s): 543 time(s)
PDF: 316 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.