Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sekolah Multi Talenta di SD Muhammadiyah 2 Taman

Eli Mahmudah(1*), Eni Fariyatul Fahyuni(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(*) Corresponding Author

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah menjadi penentu arah dan tujuan suatu sekolah. Tujuan suatu   sekolah dituangkan dalam visi dan misi. SD Muhamadiyah 2 Taman merupakan Sekolah yang  mencetak peserta didiknya menjadi anak  yang mengetahui potensi diri baik  akademik maupun non akademik. Salah satu visi SD Muhammadiyah 2 Taman adalah menjadi sekolah multi talenta. Untuk menggali dan mengembangkan multi talenta peserta didik, sekolah menfasilitasi dengan membuka kelas-kelas talent dan program pembelajaran sesuai kurikulum yang berlaku Yaitu Kurikulum 2013 dan Kurikulum Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif.  Untuk mencapai visi sekolah multi talenta, kepala  SD Muhammadiyah 2 Taman mengembangkan model kepemimpinan kolektif kolegial atau  kepemimpinan bersama. Kepala Sekolah dibantu Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan Kesiswaan, merumuskan  model pembelajaran bervariatif dan pengembangan kelas talent. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Dengan melakukan wawancara mendalam terhadap kepala SD Muhammadiyah 2 Taman untuk memperoleh data-data yang berkenaan dengan model kepemimpinannya dan bagaimana perannya untuk menjadikan SD Muhammadiyah 2 Taman menjadi sekolah Multi Talent

Keywords

Peran Kepala Sekolah, Sekolah Multi Talenta

Full Text:

PDF

References

T. Musforoh, Multiple Intelligences. .

T. F. Media, Undang-undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media, 2015.

Permendikbud, Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014, Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta, 2014.

M. R. A. Rahman, “wawancara,” 2019.

C. . Tan, “Examining School Leadership Effects an Student Achievement: The Role of Contextual Challenges and Constraints.,” Combridge J. Educ., pp. 21---45, 20016.

Mulyasa.E, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. bandung: Remaja Rosda Karya Bandung, 2013.

Sugiyono, Metode penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Musfiqon, Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Tindakan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya, 2016.

Nurul latifatul Inayati, “Peran kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme guru di SMP Muhammadiyah 6 Kendal,” Suhuf, vol. 8, 2016.

Winardi, Manajemen Sekolah dan Kepemimpinan Mandiri Kepala Sekolah, 2nd ed. Bandung: , Sarana Punca Karya Nusa, 2000.

S. . & D. C. Robbins, Fundamentals of manageRobbins, S.P & Dments. Prentice Hall: Upper Sadle Rivers, 1995.

James M. Kouzes & Barry Z. Posner, The Leadership Challenge, Tantangan Kepemimpinan,. Batam Centre: Interaksara, 1999.

Fauzi Sayuti, “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam,” Fikrotuna J. Pendidik. dan Manaj. Islam STAI Al Khairat Pamekasan, 2016.

L. . Terry, G.R. & Rue, Dasar-Dasar Manajement. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

M. Manullang, Dasar-dasar Manajement. Jogjakarta: Gajah Mad: University Press, 2006.

Nur Hasanah, “Kepemimpinan Sekolah dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan,” Al-ltizam, vol. 2, 2017.

Aan Komariah & Cepi Triatna, University Leadership, Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.

Syafaruddin, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Jakarta: PT Grasindo, 2000.

J. T. Sergiovanni, The Principalship: A Reflective Practice Perspective, Second. A Division of Simon and Schuster, Inc: Needham Heights: Allyn and Bacon, 1991.

Made Pidarta, Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Sudarwan, Inovasi Pendidikan dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: PT Pustaka, 2004.

Ery Cristiana, “No Title,” 2019.

S. Anjasmoro, “No Title,” 2019.

Fatchul Mubarok, “Wawancara,” 2019.

Siska Cahya Pribadi, “Implementasi Kepemimpinan Transformasional di SD Muhammadiyah 4 Surabaya,” J. Inspirasi Manaj. Pendidik., vol. 3, pp. 56–65, 2014.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah; Tinjauan Teoritis dan Permasalahannya. Jakarta: PT Grapindo Persada, 2010

Article Metrics

Abstract view(s): 495 time(s)
PDF: 191 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.