PENGARUH ZONASITERHADAP ARUS MASUK PESERTA DIDIK BARUDI SMP MUHAMMADIYAH KOTA SURAKARTA

Rizky Hanifah(1*), Mohamad Ali(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Kebijakan zonasi merupakan suatu kegiatan dalam Penerimaan Peserta Didik
Baru yang menjadikan wilayah sebagai tolok ukur diterimanya calon peserta didik
baru di sekolah negeri. Kebijakan ini menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh kebijakan zonasi
terhadap arus masuk peserta didik baru di SMP Muhammadiyah Kota Surakarta; (2)
Menganalisis tanggapan pengelola dan penyelenggara SMP Muhammadiyah di
Surakarta terhadap kebijakan zonasi.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode mix method dan
pendekatan fenomenologis. Pengambilan data, peneliti menggunakan metode
wawancara, dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh zonasi terhadap arus masuk
peserta didik baru di SMP Muhammadiyah Kota Surakarta bervariasi. SMP
Muhammadiyah PK dan SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tidak begitu berpengaruh
terhadup arus masuk peserta didik baru. Tetapi, di SMP Muhammadiyah 4 dan SMP
Muhammadiyah 5 berpengaruh negatif terhadap arus masuk peserta didik baru.
Pengelola sekolah juga memberikan tanggapan yang beragam dalam mengadapi
kebijakan zonasi. Sebagai penyelenggara sekolah, Majelis Dikdasmen PDM Kota
Surakarta menilai bahwa kebijakan zonasi dianggap kurang adil dan tidak memiliki
strategi khusus dalam menghadapi zonasi.

Keywords

Zonasi, PPDB, SMP Muhammadiyah Surakarta

Full Text:

PDF

References

Ali,Mohamad.2010. Reinvensi Pendidikan Muhammadiyah. Jakarta: Al-Wasath Publishing House.

--------------------. 2012. Menyemai Sekolah Bertaraf Internasional. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

--------------------- dkk. 2018. Pedoman Penulisan Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bintoro,Ratih Fenty A. 2018. Persepsi Masyarakat terhadap Implementasi Kebijakan Zonasi Sekolah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMA Tahun Ajaran 2017/2018 di Kota Samarinda.Jurnal Riset Pembangunan Vol. 1, No. 1. Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Timur.

Cahyani, Ayniah. 2018. Hubungan Antara Persepsi Peserta Didik terhadap Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru dengan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo

Faizal. 2017. Upaya Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Daerah Kota Medan dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah Dasar dan Menengah Muhammadiyah. Jurnal EduTech Vol. 3, No.2. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

John W, Creswell. 1994. Research Design Qualitative Quantitative and Mixed Method Approach Second Edition. USA: Sage Publication.

Khadowmi, Eka Reza. 2019. Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi terhadap Proses Penerimaan Peserta Didik Baru Kabupaten Lampung Tengah. Skripsi. Universitas Lampung.

Nurlailiyah, Aris. Januari 2019. Analisis Kebijakan Zonasi terhadap Perilaku Siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Realita Vol. 17 No. 1, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 51 Tahun 2018. Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.

Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 14 Tahun 2018. Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.

Purwanti, Dian. 2019. Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru berdasarkan Sistem Zonasi di Kota Bandung. Jurnal Governansi Vol. 5, No.1. Universitas Padjadjaran.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia. Pasal 31 ayat (1). Tentang Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-Undang Replublik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Article Metrics

Abstract view(s): 351 time(s)
PDF: 155 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.