MERETAS PROBLEM PERKADERAN ‘AISYIYAH DAN ALTERNATIF SOLUSI BERBASIS POTENSI

Mahasri Shobahiya

Abstract

Berkembangnya ‘Aisyiyah secara organisatoris dan Amal Usaha Muhammadiyah/ ’Aisyiyah (AUM/A)  secara kuantitas maupun kualitas, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, bahkan berkembang juga di beberapa Negara, tentu menuntut ketersediaan kader-kader yang militan, handal, dan professional yang akan meneruskan perjuangan para pendahulu, baik sebagai pimpinan organisasi maupun pengelola AUM/A. Sementara itu, krisis kader masih sangat dirasakan,  antara lain ditunjukkan dengan masih banyaknya warga ‘Aisyiyah yang rangkap jabatan dengan multilevel rangkap jabatan. Hal itu tentu berdampak pada tidak efektifnya kinerja personalia pimpinan dan pengelola AUM/A, juga berdampak pada rendahnya kreativitas personalia pimpinan karena terbatasnya waktu, tenaga, dan kesempatan yang dimiliki. Kondisi di atas tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Upaya solutif untuk menyelesaikan persoalan kader menjadi penting untuk dilakukan. Bagaimana strategi yang perlu dilakukan, perlu juga dirumuskan. Oleh karena itu, tulisan ini berupaya untuk meretas problem perkaderan, mengurai dan merumuskan upaya-upaya solutif berbasis potensi yang dimiliki.

Keywords

‘Aisyiyah; problem perkaderan; solusi perkaderan

Full Text:

PDF

References

Al-Qur’an dan Terjemahnya. 1418 H. Mujamma’ Al Malik Fahd li Thiba’at Al Mush-haf Asy—Syarif Medinah Munawwarah PO BOX 6262 Kerajaan Saudi Arabia.

Hidayat, Syamsul dan Shobahiya, Mahasri (edit.). 2009. Studi Kemuhammadiyahan. Surakarta: LPIK – UMS.

Nasri, Imron (penyunt.). 2002. Kader Persyarikatan dalam Persoalan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Santoso, M. Abdul Fattah, dkk. 2015. Internasionalisasi Pemikiran dan Gerakan Muhammadiyah. Surakarta: Fairuz Media.

Tim MPK PP Muhammadiyah. 2008. Sistem Perkaderan Muhammadiyah. Yogyakarta: MPK PP Muhammadiyah.

Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Majelis Pembinaan Kader. 2013. Sistem Perkaderan ‘Aisyiyah. Yogyakarta: Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Majelis Pembinaan Kader.

-------. 2015. Laporan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Periode 2010-2015, disampaikan dalam Muktamar ke-47 Satu Abad ‘Aisyiyah 3-7 Agustus 2015 M di Makassar.

-------. 2015. Program Nasional ‘Aisyiyah Periode 2015-2020, disampaikan dalam Muktamar ke-47 Satu Abad ‘Aisyiyah, 3-7 Agustus 2015 M, di Makassar.

Article Metrics

Abstract view(s): 501 time(s)
PDF: 177 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.