HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK ‘AISYIYAH GONILAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO

Nurul Fitria Anggraini Syuharyoso(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

This study aims to determine of democratic parenting relationship between language skills in children TK'Aisyiyah Gonilan Kartasura Sukoharjo in the academic year 2014/2015. This research is quantitative descriptive. Population of this research are  children in kindergarden 'Aisyiyah Gonilan Kartasura with a total of 100 children. The samples of population are in this study 30 students group B TK 'Aisyiyah Gonilan. The sampling used in this study is clusterrandom sampling. Methods of data collection is a questionnaire sheet premises. The data are taken  the primary data for parenting pattern by  parents and secondary data for childern language ability. The analysis technique used is a product moment correlation technique. Results of the data analysis is  rhitung 0682 rtabel0,349   with significant value 0,000 whereas this value is smaller than the significance level of 0.01. Based on the results of  data  study concluded that democratic parenting can improve language skills of kindergarden B TK 'Aisyiyah Gonilan Kartasura Sukoharjo academic year 2014/2015.

Keywords

parenting; democratic; language skil

Full Text:

PDF

References

Darmadi, Hamid. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Darsinah dkk. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP. Surakarta: BP-FKIP UMS.

Asmawulan dkk. 2010. Perkembangan Fisik Motorik Dan Bahasa. Surakarta: UMS.

Dougherty. 2014. Ajari Aku Mengucapkannya Dengan Benar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khotimah, Husnul. 2011. “Pola Interaksi Antara Guru Dan Anak Dalam Pengembangan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Di Kelompok B Di TK Perwanida 03 Mojo Andong Boyoyalali Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Shochib. Mohammad. 2005. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Aneka Cipta

Rahmawati, Fitria. 2014, “ Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap Di Kecamatan Malaya-Jembrana, e-Jurnal MIMBAR PGSD Vol: 2 no: 1 tahun 2014

Diknas. 2010. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemantria Pendidika Nasional

Dhieni, Dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuaka

Septiari, Bety Bea. 2012. Mencetak Balita Cerdas Dan Pola Asuh Orang Tua. Jogjakarta: Nuha Medika.

Wulandari, Setyowati. 2011. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prilaku Sosial Anak Kelompok A Di BA Aisyiyah Bakipandeyan 02 Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hudiyah, Aniq. 2011. “Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Empati Pada Anak Sekolah Inklusi Dan Non- Inklusi Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurdeni. (2012). Studi Deskriptif Efektifitas Pola Asuh Orangtua Terhadap

Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak

Pembina Painan. Jurnal Pesona PAUD, 1, 1

Vitasari, dewi ayu. (2012). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua

terhadap Kemampuan Mengemukakan Pendapat Anak

di Dusun Losari Randusari Argomulyo Cangkringan Sleman. Citizenship, 1, 2

Purwanto, Agus Purwanto dan Sulistiyastuti Ratih Dyah. 2011. Metode Penelitian Kuanttitatif Untuk Administrasi Dan Masalah Masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azwar, Saifuddin. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Azwar, Saifuddin. 2013. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Siregar, Syofiyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Departemen Agama RI.2007. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: Sygma.

Article Metrics

Abstract view(s): 1001 time(s)
PDF: 484 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.