IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SPIRITUAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 CEPU BLORA TAHUN 2015

Nur Fatoni Hadi Rakhmanto(1*), Sudarno Shobron(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Muhammadiyah sering dikritik bahwa salah satu kelemahannya adalah aspek spiritualitas warga Muhammadiyah, karena dinggap tidak mengajarkan dzikir dan ibadah sunnah. Kritik tersebut tidak memiliki dasar, sekolah-sekolah Muhammadiyah justu memberikan pelajaran dan pengamalan ajaran Islam secara komprehensif, salah satunya di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Cepu Blora Jawa Tengah.

Penelitian lapangan ini akan menjawab rumusan masalah yakni bagaimana implementasi pendidikan spiritual di SMK Muhammadiyah 2 Cepu Blora. Data berupa uraian mengenai kegiatan atau perilaku subyek dan dokumen-dokumen lain yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan implementasi kurikulum terdapat pendidikan spiritual yang meliputi kedisiplinan, ketaatan, ketertiban, tanggung jawab, kesucian diri, kebersamaan, toleransi, kejujuran,  uswatun hasanah,  kebersihan, keindahan, kenyamanan, kesabaran, kerapian, kesopanan, sosial, penghormatan, kasih sayang. Sikap-sikap tersebut merupakan perwujudan dari akar dimensi spiritual yakni taqwa, khusyu’, tawa>dhu’, khauf, raja’, muraqabah, istiqamah

Keywords

pendidikan spiritual; implementasi; kurikulum.

Full Text:

PDF

References

Adz-Dzaky, Hamdani Bakran. 2001. Psikoterapi dan Konseling Islam. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru

Agustin, Ary Ginanjar. 2007. Emotional Spritual Quotient (ESQ), Jakarta: ARGA Publishing.

Departemen Agama RI. 2006. Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Hardjana, Agus M. 2005. Religiositas, Agama, dan Spiritualitas. Yogyakarta: Kanisius.

Ismail, Faisal. 2008. Pencerahan Spiritualitas Islam di Tengah Kemelut Zaman Edan. Yogyakarta: Titian Wacana.

J.B. Mangunwijaya, 1988. Sastra dan Religiositas. Yogyakarta: Kanisius.

Mudlofir, Ali, 2001. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

S. NasutioN. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI. No.20 Tahun 2003). 2003. Jakarta: Eka Jaya

Zohar, Danah. 2005. Spiritual Capital: Memberdayakan SQ Di Dunia Bisnis. Bandung: Mizan.

Article Metrics

Abstract view(s): 480 time(s)
PDF: 233 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.