GAGASAN DASAR DAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM K.H AHMAD DAHLAN

Siti Arofah

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari rasa penasaran peneliti terhadap sekolah-sekolah Muhammadiyah yang berjumlah puluhan, ratusan bahkan ribuan, yang mana sekolah-sekolah tersebut merupakan hasil dari pemikiran K.H Ahmad Dahlan. Lebih tepatnya bukan pada sekolahnya, namun pada pemikiran luar biasa beliau terutama dalam bidang Pendidikan Islam. Pendidikan Islam memiliki peran besar dalam menentukan nasib bangsa. Penyebaran pendidikan dianggap kurang merata khususnya di daerah-daerah terpencil. Untuk itu K.H Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah) turut andil memberikan hasil perwujudan pemikirannya dalam melihat masalah yang timbul di daerah pribumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa gagasan dasar yang melatarbelakangi pemikiran K.H Ahmad Dahlan dan apa saja pemikiran-pemikirannya pada Pendidikan Islam. Dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan hasil bahwa gagasan dasar pemikiran K.H Ahmad Dahlan dilatarbelakangi beberapa hal, diantaranya: (1) Keprihatinan terhadap umat Islam pribumi, (2) Kesenjangan pendidikan, dan (3) Pertarungan melawan Kristen. Sedangkan pemikiran-pemikiran K.H Ahmad Dahlan dalam dunia pendidikan Islam diantaranya: (1) Mendirikan sekolah, (2) Lahir “ulama-intelek atau “intelek-ulama”, (3) Kerjasama dengan pemerintah Belanda, (4) Mengadopsi sistem pendidikan, serta (5) Dakwah.

Keywords

K.H Ahmad Dahlan; Gagasan Dasar; Pemikiran Pendidikan Islam.

Full Text:

PDF

References

Alfaruq, Muhammad Najib. 2014. SKRIPSI: Pendidikan Humanisme (Komparasi Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Dan Paulo Freire. Surakarta: UMS.

Azzuwha. http://azzuwha.weebly.com/home/ruang-lingkup-pemikiran-pendidikan-islam. Diakses pada 27/05/2015.

Jatmika, Sidik. 2010. Kauman; Muhammadiyah Undercover. Yogyakarta: Gelanggang.

Muhammadiyah. http://www.muhammadiyah.or.id/content-8-det-amal-usaha.html. Diakses pada 14 Mei 2015.

Muhammadiyah. http://www.Muhammadiyah.or.id/content-178. Diakses pada 20 Mei 2015.

Mulkhan, Abdul Munir. 1990. Kongres Islam Besar di Cirebon(Naskah Pidato Ahmad Dahlan). Jakarta: Bumi Aksara.

Mulkhan, Abdul Munir. 1990. Pemikiran Kyai Haji Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah: dalam perspektif perubahan sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulkhan, Abdul Munir. 2010. Jejak Pembaruan Sosial dan Kemanusiaan Kiai Ahmad Dahlan. Jakarta: Buku Kompas.

Mulkhan, Abdul Munir. 2010. Pesan dan Kisah Kiai Ahmad Dahlan dalam Hikmah Muhammadiyah. Yogyakarta: Penerbit Suara Muhammadiyah.

Munzir. 1999. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Nata, Abudin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Rembangy, Mustafa. 2010. Pendidikan Transformatif, Pergulatan Kritis Merumuskan Pendidikan di Tengah Pusaran Arus Globalisasi. Yogyakarta: Teras.

Sairin, Weinata. 1995. Gerakan Pembaharuan Muhammadiyah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Salam, Yunus. 1968. Riwayat Hidup K.H. Ahmad Dahlan Amal dan Perjuangannya. Jakarta: Depot Pengadjaran Muhammadiyah.

Santoso. 2012. Penelitian Kualitatif Dasar-dasar. Jakarta: PT. Index.

Shihab, Alwi. 1997. Membendung Arus Respons Gerakan Muhammadiyah Terhadap Penetrasi Misi Kristen Di Indonesia. Bandung: Mizan.

Tim Lembaga Studi Islam. 2001. STUDI KEMUHAMMADIYAHAN, kajian historis, ideologi dan organisasi. Surakarta: Lembaga Studi Islam (LSI) UMS

Article Metrics

Abstract view(s): 6150 time(s)
PDF: 932 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.