AKTUALISASI NILAI-NILAI PROFETIK KUNTOWIJOYO DI DALAM PENDIDIKAN (Studi Kasus Di SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen)

Harris Fuadi

Abstract

Artikrl ini merupakan penelitian lapangan tentang efektivitas nilai-nilai profetik pada siswa di SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, di simpulkan bahwa pembentukan perilaku Islami di SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen dengan menggunakan model, adapun caranya adalah dengan juga berusaha untuk memberikan contoh yang baik serta keteladanan dalam berperilaku baik kepada siswa, seperti berpakaian rapi, menutup aurat, menjaga tutur kata dan sopan santun. Pembentukan nilai profetik dari pemikiran Kuntowijoyo di dalam dunia pendidikan dapat dilakukan dengan adanya kerja sama yang baik antar tenaga kependidikan di sebuah lembaga pendidikan. Lebih jauh dengan didukung dengan perumusan visi dan misi serta program kerja yang tepat dapat menjadi bentuk aktualisasi dari pemikiran Kuntowijoyo di lembaga pendidikan tersebut

Keywords

Nilai-nilai, Profetik, Pendidikan

Full Text:

PDF

References

Abdullah, Amin, 2006 Metodologi Penelitian Agama Pendekatan Multidisipliner, Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga.

Kuntowijoyo, 2006, Islam sebagai Ilmu Yogyakarta: Tiara Wacana.

Muhajir, Noeng, 2000, Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi IV Yogyakarta: Rake Sarasin.

Hadi, Sutrisno, 2013, Metodologi Research Yogyakarta: Yasbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Sugiyono, 2014 Memahami Penelitian Kualitatif Bandung: Penerbit CV. Alfabeta. Suriasumantri, Jujun S., 2005, Filsafat Ilmu Pustaka Sinar Harapan.

Wawancara dengan Kepala SMP Birrul Walidain Muhammadiyah, Amir S,Pd : Senin dan selasa, tanggal 6-7 Maret 2017.

Article Metrics

Abstract view(s): 510 time(s)
PDF: 131 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.